Sebagai BUMN, Pertamina terus mendukung program-program Pemerintah untuk memajukan perekonomian negara. PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil.

Komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat salah satunya ditunjukan Pertamina melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Baca juga: Ini Harga Terbaru Pertamax Turbo dan Dex Series Per 1 September

Berawal dari krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1998, Zuraida atau dikenal dengan Ida Nangyu memutar otak agar kondisi ekonomi keluarganya dapat terus bertahan. Dirinya memberanikan diri untuk terjun ke dunia bisnis yang bergerak di bidang corporate gifts melalui ajakan seorang temannya.

“Saya melihat prospek penjualan produk corporate gifts ini sangat besar dan penjualannya dalam volume yang besar atau bukan retail bisnis” ujar Ida.

Hingga akhirnya tahun 2005, Ida berhasil mendirikan 2 Perseroan Terbatas (PT) sekaligus yang bergerak dibidang yang sama yaitu corporate gifts, termasuk PT. Magnus Adira International yang menjadi mitra binaan Pertamina.

Wanita kelahiran Palembang, 24 Januari tersebut dapat meraup omzet sampai Rp 200 juta perbulannya, dengan menjual berbagai macam produk mulai dari tas seminar, tas fancy, pouch, baju, jaket, topi, tumbler, ATK, flashdisk, hingga powerbank. Harga dari produk yang dijual bervariasi, sesuai dengan keinginan pelanggan.
Produk yang dihasilkan usaha yang dikelola Zuraida, salah satu mitra binaan Pertamina


Ida tak menampik bahwa dirinya merasakan dampak pandemi semenjak tahun 2021, dimana pandemi covid-19 sudah menerjang Indonesia, Ida merasakan hal yang sama dengan setiap pengusaha yaitu penurunan omzet yang drastis dari tahun tahun sebelumnya. Namun, tidak ingin usahanya gulung tikar di masa pandemi, Ida tetap mempertahankan 4 pekerja yang sudah bekerja dari awal usahanya dibuka.

Untuk memperluas jangkauan pemasaran, dirinya mulai menggunakan strategi pemasaran dengan melakukan penjualan online, memasarkannya melalui sosial media. Produk tas fancy yang dihasilkan @magnus.corporategifts kini paling banyak peminatnya.

Selain mendapatkan bantuan modal, para mitra binaan juga mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai pelatihan, pameran, dan bazaar yang difasilitasi Pertamina.
“Manfaat yang saya rasakan semenjak bergabung menjadi mitra binaan adalah terutama bantuan modal pada usaha saya, hingga banyaknya event-event bazar yang ditawarkan” jelas Ida.

"Melalui pendampingan dengan pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil ini merupakan langkah yang strategis untuk memajukan mitra binaanya agar terus tumbuh dan berkembang secara matang. Dan kami akan terus mendampingi serta membimbing para pelaku UMK untuk terus bersaing di dunia bisnis, terutama di masa pandemi Covid-19," kata Eko Kristiawan, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat.

Program ini juga bertujuan untuk terus mengimplementasikan poin 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Selain SDGs, Pertamina juga berupaya menjalankan Environmental, Social & Governance (ESG) dibidang sosial. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Adapun syarat untuk dapat bergabung menjadi mitra binaan Pertamina dapat dilihat pada https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan

 

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022