Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Provinsi Banten mendorong para pelaku usaha dan usaha mikro kecil menengah bersiap diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimulai 2015.


"Ada beberapa pilar penting bagi masyarakat pelaku usaha dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai 2015 ini. Kita semua harus menyiapkan diri dalam menghadapi MEA ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Kurdi Matin pada pembukaan Semiloka Pembangunan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gedung Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Banten di Serang, Rabu.

Ia mengatakan di antara beberapa pilar penting bagi dunia usaha dalam menghadapi MEA tersebut adalah, pasar tunggal dan basis produksi, membangun kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi, membangun kawasan dengan ekonomi yang merata serta membangun kawasan dengan integritas penuh terhadap perekonomian global.

Ke empat pilar ekonomi tersebut, kata Sekda, harus dijalankan melalui lima elemen utama yaitu aliran bebas barang, aliran bebas jasa, aliran bebas investasi, aliran bebas modal serta aliran bebas tenaga kerja atau SDM terampil.

Ia berharap melalui Semiloka pembangunan UMKM di Banten tersebut, dapat melahirkan rekomendasi yang tertuang untuk disampaikan kepada pemerintah provinsi sebagai bahan pertimbangan terkait perencanaan perencanaan kebijakan pembangunan berikutnya.

"Kami harap dari diskusi ini nanti ada rekomendasi yang tertuang yang disampaikan kepada kami untuk bahan perencanaan di tahun-tahun berikutnya," kata Kurdi Matin.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Tatalaksana Kadin Banten Lulu Kaking mengatakan,  kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan bagi para pelaku usaha atau UMKM di Banten serta menjadi kewajiban pengurus Kadin di seluruh daerah sebagai mitra pemerintah baik di pusat maupun di daerah, sebagaiana yang diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri.

"Kami berharap semua pelaku usaha baik kecil dan menengah yang ada di Banten, siap dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean ini," kata Lulu Kaking.

Semiloka pembangunan UMKM di Provinsi Banten tersebut dihadiri para pelaku UMKM, unsur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Provinsi Banten.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015