Jakarta (Antara News) - Sekolah Jepang Hikari (Hikari Japanese School) dijadwalkan membuka cabang pada April 2015 menyusul telah ditandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Lippo Cikarang Tbk anak usaha Lippo Group.


"Kami sudah mulai membuka pendaftaran. Untuk tahap awal baru dibuka untuk jenjang Taman Kanak-Kanak, ke depannya akan berlanjut ke jenjang SD, SMP, dan SMA," kata Wiginy Kusliawan, School System Coordinator untuk Hikari Japanese School di Cikarang, Rabu.

Wiginy mengatakan, Hikari mentargetkan jumlah murid mencapai 100 orang untuk tahun pertama ditujukan untuk menjawab kebutuhan ekspatriat di kawasan kota baru Orange County yang dikembangkan Lippo Group di Cikarang Jawa Barat.

Advisor Hikari Japanese School, Kazuko menambahkan, "Kami akan menerapkan kurikulum Jepang, dengan tambahan bahasa Inggirs agar murid-murid kami dipersiapkan sejak dini dengan dua bahasa, dengan tenaga pengajarnya adalah guru berkebangsaan Jepang.

Sistem pendidikan Hikari Japanese School adalah holistic education, yaitu sekolah menjadi partner dengan pihak keluarga dalam memberikan proses belajar yang membentuk dan mengembangkan anak dengan seluruh potensinya.

Fasilitas pendidikan yang akan tersedia untuk saat ini, seperti laboratorium komputer, library, kantin Jepang, bicycle track, lapangan olah raga, indoor & outdoor gym.

Hikari Japanese School mendapatkan dukungan pemerintah dan masyarakat jepang di Indonesia.

Presiden Direktur PT. Lippo Cikarang Tbk Loh Meow Chong mengatakan, Lippo Cikarang sejak tahun 1990-an hingga saat ini, telah menjadi perintis dalam mengembangkan kawasan mandiri yang aman dan nyaman, dimana didalamnya berdiri perusahaan-perusahaan terkemuka dunia. 

Nama-nama besar seperti Toyota, Honda, Hyundai, Hankook, Danone, Coca-Cola, Bridgestone menjadikan area ini memiliki populasi ekspatriat yang tinggi, seperti komunitas Jepang, Korea, Taiwan dan warga asing lainnya.         

Loh Meow Chong, Presiden Direktur PT. Lippo Cikarang Tbk mengatakan sedikitnya ada 3.200 ekspatriat Jepang berada di dalam kawasan bisnis yang berada di dalam koridor timur Jakarta dan akan terus bertambah seiring dengan terciptanya pusat bisnis di koridor ini. Malah ada pengamat memprediksikan bahwa angka ini berpotensi tumbuh hingga 20.000 di masa mendatang."

Kondisi tersebut didukung oleh Pemerintah dengan adanya wacana pembangunan dua infrastruktur strategis yaitu Karawang International Airport dan Cilamaya Deep New Port seperti yang baru-baru ini dilansir oleh media berdasarkan pernyataan Menteri Perhubungan. Maka Orange County Lippo Cikarang menjadi lokasi yang tepat untuk tempat tinggal maupun sarana investasi karena berlokasi tepat di jantung area antara Lippo Cikarang, Delta Mas dan Jababeka.  

Chief Marketing Officer PT. Lippo Cikarang Tbk, Stanley Ang menambahkan, "Untuk menyambut pertumbuhan jumlah ekspatriat ini, PT. Lippo Cikarang Tbk menyelenggarakan proyek Orange County."

Orange County akan menjadi "The New California City dimana terdapat area Japan Town, Korean Town, China Town sebagai tempat berkumpulnya komunitas ekspatriat yang saat ini jumlahnya telah mencapai ribuan orang dan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya bisnis dan kawasan industri di kawasan segitiga emas yang baru ini.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015