Manajemen University Resort (UResort) Nagrak, Kota Bogor, menyalurkan beasiswa berupa hunian gratis bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berprestasi sebagai tindaklanjut perjanjian kerja sama (memorandum of understanding) kedua institusi.

"Kami bersyukur bisa merealisasikan nota kesepakatan untuk bersinergi menghadirkan hunian ideal bagi mahasiswa IPB. Memang sempat tertunda akibat pandemi. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah bisa terealisasi, dengan memberikan beasiswa hunian kepada empat mahasiswa IPB (kini bernama IPB University) berprestasi," kata Managing Director UResort, Dimas Ario Shakti Mumpuni, MBA saat meresmikan UResort seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: BEM IPB bersama UResort gelar seminar kewirausahaan

Hadir dalam peresmian ini jajaran direksi UResort juga Dr. Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan,  Dr. Erika B. Laconi, MS Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis, dan Kewirausahaan IPB University berikut jajaran Direktur dan Wakil Dekan fakultas-fakultas IPB University.

Menurut Dimas, ke empat mahasiswa ini akan diberikan kesempatan tinggal dan mendapatkan berbagai fasilitas yang ada di UResort secara gratis selama 1 tahun.

“Kami berharap kerjasama dengan pihak IPB ini tidak berhenti sampai di sini, bahkah terus berkembang untuk masa yang akan datang,” ujar pria yang akrab disapa Rio ini.

“Saat ini dari 72 unit apartemen (tahap pertama) yang telah rampung dikembangkan UResort, hampir seluruhnya sudah terhuni. Dan untuk penghuninya sendiri adalah Mahasiswa IPB dari berbagai daerah, dan juga mahasiswa asing dari Malaysia,” jelas Rio.

Membangun karakter

Sementara itu Dr. Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University mengatakan, saat ini IPB memerlukan dukungan hunian mahasiswa yang berkualitas.

“Artinya bukan hanya menyediakan kamar, juga kalau bisa harus ada aktivitas-aktivitas yang medukung proses belajar lainnya, terutama dalam membangun karakter. Nah, itu tidak banyak hunian yang seperti itu. Dan Uresort menawarkan konsep yang seperti itu, sehingga menurut kami ini inline atau sejalan dengan program-program kami di IPB,” ucap Drajat.

Drajat juga menambahkan, dari sisi lokasi, UResort ini juga sangat luar biasa karena berada dekat danau dan hutan CIFOR Bogor yang begitu sehat, sehingga oksigen begitu banyak dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa tinggal di sini untuk mengerjakan tugas-tugas dengan baik supaya mereka selalu sehat, dibanding lokasi-lokasi hunian yang terlalu dekat dengan kampus dimana kepadatannya sudah luar biasa.

“Dengan adanya hunian sehat dan menyehatkan tersebut, hal ini juga sesuai dengan karakteristik kami di IPB yang mengembangkan proses pendidikan mahasiswa ini bukan hanya untuk belajar, tapi juga mengembangkan Healthy Lifestyle. Jadi saya kira ini kebutuhan yang saling mengisi. UResort menyediakan hunian dengan segala kelebihannya itu, dan mahasiswa IPB mendapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” imbuh Drajat.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, pihak IPB juga sangat terbantu dengan kehadiran UResort ini. Menurut Drajat, pihak IPB belum mampu menghadirkan hunian seperti yang dikembangkan Uresort.

“Fasilitas yang ada di UResort ini kan kita lihat memang cukup lengkap dan kekinian. Menariknya fasilitas ini sangat selaras dengan kebutuhan akademis seperti ruang belajar, co-working space, ruang seminar, entrepreneur training center, hingga business incubator bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang merintis usaha miliknya. Dengan segala keunggulannya tersebut, tidak heran kalau University Resort banyak menerima apreasiasi dari berbagai media dan juga award tingkat nasional,” kata Drajat.

Dukungan

Kehadiran UResort yang berlokasi sangat berdekatan dengan Kampus IPB Dramaga Bogor ini juga mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, termasuk para mahasiswa-mahasiswa luar negeri.

Seperti yang diutarakan Alia penghuni Uresort yang juga merupakan Mahasiswa IPB asal Malaysia. Menurutnya UResort layak menjadi pilihan utama bagi para Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di IPB.

“Saya senang di sini. Dari sisi lokasi UResort sangat dekat dari kampus. Lebih dari itu, karena berada dekat danau dan hutan Cifor, udaranya juga sangat segar dan yang lebih penting lagi fasilitasnya lengkap untuk mendukung kegitan belajar,” kata Alia.

Hal senada juga diungkapkan Wajha. Mahasiswa yang juga berasal dari Negeri Jiran Malaysia ini merasa betah tinggal di UResort. Alasannya, selain bagunannya masih baru dan memiliki kamar yang nyaman, tinggal di UResort juga memberikan fasilitas yang selaras dengan kebutuhan belajar.

“Saya cukup puas tinggal di UResort. Lingkungannya nyaman, aman, dan fasilitas yang ada juga cukup menarik dan lengkap,” pungkasnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022