Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 SR dengan titik berada di jarak 140 Kilometer arah barat daya Sumur, Banten yang terjadi pada Jumat pukul 16.32 WIB tidak menimbulkan gelombang bencana alam tsunami.

"Hasil koordinasi dengan pihak BMKG, gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami," ucap Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga di Serang, Jumat.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,1 Sumur, Pandeglang tidak timbulkan kerusakan

Ia mengatakan, hasil laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat bahwa gempa dengan kekuatan 5,1 SR di titik gempa berada di koordinat 7,76 derajat Lintang Selatan (LS) dan 104, 95 derajat Bujur Timur (BT) di kedalaman 10 Kilometer.

Kemudian, dari hasil laporan tersebut, selanjutnya pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kapolsek Sumur untuk memastikan tidak adanya kerusakan ataupun korban jiwa akibat dampak gempa itu.

"Hingga pukul saat ini Kapolsek Sumur dan personel telah melakukan pengecekan ke lapangan, dan belum ada temuan rumah warga yang rusak, warga yang terluka serta ketinggian gelombang air laut tetap normal," ujarnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat khususnya warga selatan Banten untuk tetap waspada menghadapi ancaman gempa susulan yang sewaktu-waktu bisa terjadi,

"Saya menghimbau kepada warga untuk tidak panik namun tetap waspada dan tetap mengikuti arahan dari petugas," tutup Shinto.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022