Pandeglang (AntaraBanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, berupaya meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat.


"Cakupan pelayanan kesehatan dasar terus ditingkatkan untuk mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Anwar Fauzan di Pandeglang, Rabu.

Upaya memperluas cakupan pelayanan itu, kata dia, di antaranya dengan meningkatkan sarana dan prasarana serta penambahan tenaga medis.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah memrogramkan pembangunan rumah sakit nontipe serta penambahan puskesmas rawat inap.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan rumah sakit nontipe akan dibangun di Kecamatan Menes untuk mengoptimalkan pelayanan di wilayah selatan.

RS tersebut, kata dia, nantinya akan menjadi rujukan untuk pasien dari Pandeglang bagian selatan. Kalau dirujuk ke RSUD Berkah di Kecamatan Kaduhejo terlalu jauh.

"Kalau di RS nontipe tidak bisa ditangani baru dirujuk ke RSUD Berkah," katanya.

Namun, lanjut dia, pelayanan di RS nontipe juga akan maksimal karena didukung dengan peralatan lengkap serta tenaga medis yang cukup, harapannya tidak perlu lagi dirujuk ke RSUD Berkah.

Ia juga menyatakan pembangunan rumah sakit nontipe tersebut merupakan terobosan Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu, kata dia, pemerintah kabupaten juga akan berus menambah puskesmas perawatan, dan diharapkan ke depan setiap kecamatan mempunyai puskesmas perawatan tersebut.

"Saat ini puskesmas perawatan ada delapan unit, ke depan kita harapkan di 35 kecamatan di Pandeglang ada puskesmas perawatan," katanya.

Sedangkan untuk puskesmas, kata dia, sudah ada di semua kecamatan, bahkan juga telah ada puskesmas pembantu.

"Sarana pelayanan kesehatan sudah cukup banya, tapi ke depan akan terus kita upayakan untuk ditambah dan ditingkatkan," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, sudah menempatkan bidan di desa/kelurahan, dan merupakan upaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada warga.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015