Rektor Universitas Terbuka (UT), Ojat Darojat menyatakan bahwa secara keseluruhan selama tahun 2022 Universitas Terbuka telah meluluskan lebih dari 60 ribu mahasiswa se Indonesia.

“Kalau untuk yang diwisuda dari Universitas Terbuka seluruh Indonesia itu lebih dari 60 ribu, tapi yang di sini (UT Serang) yang hadir secara tatap muka langsung itu ada 800 an jumlah wisudawan,” katanya usai prosesi wisuda 800 mahasiswa UT di Convention Hall The Royale Krakatau Hotel Cilegon, Kota Cilegon, Kamis. 

Universitas yang tersebar di 515 kota dan kabupaten di Indonesia yang menerapkan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) jauh dengan memanfaatkan sejumlah platform media sebelum adanya pandemi Covid-19 itu, diklaim memiliki lulusan-lulusan yang lebuh terampil dalam bidang teknologi internet.

Lebih lanjut Ojat Darojat Mengemukakan saat ini bahan ajar UT sudah bahan ajar digital dan proses interaksi pembelajaran. Selain itu UT juga banyak memanfaatkan layanan internet baik sinkronus maupun asinkronus. 

"Mahasiswa UT sudah sangat baik internet dan komputer literasi levelnya dibandingkan dengan lulusan lain secara umum, ini salah satu kelebihan dari mereka,” ujarnya.

Ojat juga mengatakan bahwa pihaknya telah mencanangkan target meningkatkan jumlah mahasiswa UT sebanyak 1 juta sejak 2017 silam yang dilakukan secara bertahap.

“Sejak  2017 sampai sekarang itu  tren mahasiswa UT itu naik terus. Dulu sekitar 280 ribuan sekarang sudah 350 ribuan mahasiswa. Di akhir tahun ini berharap bisa mencapai 500 ribu mahasiswa kita, sehingga nanti di 2025 itu bisa mencapai 1 jutaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur UT Serang Maman Rumanta menyampaikan bahwa UT telah memiliki ikatan alumni yang terpilih melalui musyawarah wilayah. Ikatan alumni itu nantinya akan menjadi wadah para lulusan UT untuk bersama-sama meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia.

“Karena alumni merupakan bagian yang penting bagi Universitas Terbuka, di mana mereka bisa saling bersinergi dan membantu ketika kita ingin melakukan peningkatan SDM, mereka akan melakukan sosialisasi kemudian melakukan kerjasama, sehingga UT berjalan dengan mudah karena di dukung oleh civitas akademik yang kuat dan UT menjadi terpenting dalam peningkatan SDM terkhusus di Banten,” ucapnya.

 Maman juga berharap kepada para lulusan UT Serang tahun ini dapat membawa nama universitas menjadi lebih baik lagi, sekaligus memperkenalkan UT secara luas di kalangan masyarakat.

“Tadi yang dikatakan Pak Rektor kemungkinan di masyarakat ini masih ada yang belum paham tentang UT, hanya sedikit yang diketahui mereka. Makanya melalui alumni kita harapkan bersinergi dan mudah-mudahan mereka menjadi agen-agen yang baik bagi UT terutama untuk kemajuan universitas dan SDM khususnya di Banten,” katanya.






 

Pewarta: Abu Mujib

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022