Jakarta (Antara News) - Kandidat Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan anggota HIPMI harus mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dalam upaya ikut memperkuat ketahanan ekonomi nasional.


"Anggota HIPMI harus mampu mandiri di daerah-daerah. Harus memiliki daya tahan dan kompetitif," kata Bayu yang juga menjabat Chairman Blue Bird Group saat dihubungi, Sabtu, terkait visi dan misinya apabila terpilih menjadi ketua.

Menurut dia, pengalaman dalam mengembangkan jaringan Blue Bird ke berbagai daerah di Indonesia ternyata banyak potensi unggulan yang belum dimanfaatkan, banyak dari pengusaha daerah yang masih membutuhkan dorongan.

Bayu mengatakan, dirinya akan menyelenggarakan berbagai pelatihan kepada pengusaha-pengusaha di daerah agar dapat mengelola perusahaan lebih baik lagi agar siap bersaing dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.

Dia mengatakan, meskipun sesama kandidat ketua saling bersaing tetapi di HIPMI tidak ada blok-blok yang mengancam keutuhan organisasi, semuanya dilandaskan kekeluargaan.

"Saya tetap akan memberikan dukungan kepada semua pengusaha muda di daerah tidak melihat asal dan usulnya," kata lulusan Monash University Australia tersebut.

Menurut dia, terdapat dua langkah yang akan ditempuh untuk memajukan HIPMI yakni pertama, mensinergikan program pemerintah dengan program organisasi, serta kedua membangun dan memperbesar skala produktivitas agar terjadi transformasi usaha kecil menjadi usaha besar.

"Dalam 10 tahun terakhir ekonomi Indonesia berhasil dikelola dengan layak sehingga mampu mengantarkan Indonesia pada posisi yang layak diperhitungkan secara global," ujar dia.

Bayu mengatakan, tantangan ke depan Indonesia tidak lagi sekedar mempertahankan posisi tersebut, tetapi juga menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang sangat menentukan.

Dia berharap kekayaan sumber alam Indonesia harus dapat dikelola bukan lagi sekedar kekuatan potensial, tetapi diharapkan menjadi kekuatan kinetik yang mampu menggerakkan ekonomi ke arah yang lebih tepat lagi.

Untuk internal HIPMI, Bayu mengatakan, akan memodernisasi dan mengoptimalkan anggota HIPMI agar lebih berkarakter dan profesional. Kemudian anggota diharapkan lebih mandiri serta meningkatkan posisi tawar agar menjadi mitra strategis pemerintah dalam mempercepat roda pembangunan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015