Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan masa Training Center (TC) calon pasukan pengibar bendera (Capaska) tingkat Kota maupun kecamatan kepada 350 pelajar untuk momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Kepala Bidang Kepemudaan, Dispora, Dheny Kuntjoro di Tangerang, Selasa mengatakan ke-50 Capaska yang mengikuti TC merupakan hasil seleksi yang dilakukan. Dari 570 siswa tingkat SMA negeri/swasta yang ikuti seleksi, diperoleh 350 siswa terpilih.

"300 siswa dikirim ke 12 kecamatan dengan masing - masing 25 orang. Kecamatan Tangerang ikut upacara di tingkat Kota Tangerang sehingga hanya mengirim Capaska terpilih ke 12 kecamatan lainnya. Sisanya 50 orang masuk dalam Capaska tingkat kota," kata Dheny

Baca juga: Pemohon kartu kuning (AK-1) di Tangerang capai 21.531 orang

Lanjutnya, di masa TC, para Capaska mengikuti latihan setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Latihan dimulai dari materi seperti PBB, membuat formasi dan pengetahuan umum tentang bendara merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia. Serta pengetahuan karakter, tentang kepemudaan dan kesiswaan. Pelatihan juga diiringi dengan pembentukan fisik dan mental para Capaska.

Kata Dheny, latihan di masa TC bersama para senior akan berlangsung hingga Selasa (19/7). Selanjutnya Capaska akan melakukan latihan formasi di lapangan Alun-Alun Ahmad Yani. Sebelum di awal Agustus Capaska akan melakukan latihan gabungan dengan 45 pasukan pendamping dari Batalyon Arhanud 01.

Sedangkan pemusatan jelang pengibaran bendera tanggal 17 Agustus akan berlangsung mulai 13 – 17 Agustus di salah satu hotel di Kota Tangerang.

"Semua akan fokus dan konsisten untuk memberikan penampilan yang terbaik pada pengibaran bendera merah putih di 17 Agustus mendatang. Semoga semua anggota Capaska baik tingkat kota maupun kecamatan dapat berhasil dengan baik,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022