Seiring membaiknya pasar properti dan meningkatnya permintaan rumah berkualitas, pengembang perumahan Mustika Land Group meluncurkan rumah dengan harga terjangkau di Bekasi.

Tiga tipe rumah bernuansa Jepang itu hanya diharga mulai Rp200 juta hingga Rp300 jutaan saja.

Direktur PT Mustika Land Group David Sudjana dalam keterangan tertulis, Senin, mengatakan sejak semester satu 2022 kebutuhan rumah terjangkau dengan kualitas real estate terus meningkat.

Baca juga: 99 Group gandeng Mustika Park Place untuk program PASTI

"Hal ini karena selama dua tahun pandemi sebagian besar pencari rumah pertama menunda pembelian dengan alasan belum stabilnya kondisi finansial mereka," kata David.

Menurut David, segmen rumah dengan harga Rp200 hingga Rp300 jutaan paling banyak diminati kaum milenial dan keluarga muda. 

"Mereka tertarik, sebab walaupun harganya terjangkau, tapi desain dan feel-nya mewah dan punya gengsi tersendiri," kata David di sela-sela acara pra luncur rumah tipe Hana, Miwa, dan Tama) di kantor pemasaran Mustika Village Sukamulya, Bekasi.

David mengatakan, sekarang ini pihaknya fokus dengan kebutuhan konsumen, terutama pada apa yang dikuatirkan konsumen, yaitu ingin punya rumah berkualitas tapi dengan harga yang masih dalam jangkauan mereka. Untuk masyarakat menengah ke bawah, beli rumah itu mungkin sekali seumur hidup.
 
"Mereka beli rumah rata-rata di umur 30 tahun, mencicil selama 20 tahun, hingga lunas di umur 50 tahun. Karena itu, banyak diantara mereka mungkin hanya sekali seumur hidup. Cicilan di KPR hanya Rp1,5 juta hingga Rp2 juta, sehingga kaum milenial dan keluarga muda dengan gaji Rp6 jutaan bisa membeli rumah pertamanya," katanya.

David mengatakan pembangunan rumah terjangkau dengan kualitas real estate punya tantangan tersendiri bagi pengembang. Terutama bagaimana mencari keseimbangan antara biaya bangunan,  harga jual, dan nilai proyek yang tinggi.

"Perlu kolaborasi antar divisi, terutama tim perencanaan dalam mencari produk yang seimbang," tutur David.

Sedangkan, Shuji Kato selaku Direktur Design dan Konstruksi Creed Group berkolaborasi dengan tim  Mustika Land Group melakukan inovasi desain bersama Otendo selaku principal dari IMG Architect. 

Kolaborasi ini berkomitmen untuk menciptakan rumah yang fungsional, berkualitas, ramah perawatan, dan design yang indah; tapi harganya tidak mahal. Hasilnya sangat menyenangkan, dengan harga mulai Rp250 juta hingga Rp300 jutaan, Mustika Village Sukamulya dapat menghadirkan rumah kualitas real estate bergaya modern dengan sentuhan arsitektur Jepang modern. 

"Saat ini, kami merilis 3 tipe baru, rumah harga terjangkau tapi kualitasnya baik dan perawatannya mudah. Mulai tampak depan, desain arsitektur, hingga kualitas bangunan sekelas rumah real estate. Harusnya produk ini masih cocok di harga Rp400 jutaan, tapi kami tawarkan mulai Rp200 juta hingga Rp300 juta,” jelasnya.

Ketiga tipe baru tersebut adalah Miwa (26/60), Hana (30/60), dan Tama (35/60). Jadi luas tanahnya sama, 60 m2 cuma beda pada luas bangunannya saja. Total ada 1.400 unit akan dibangun secara bertahap, dimana pada penawaran perdana dibuka sebanyak 300 unit. Rencananya bulan September 2022 harga akan naik. 

Pada penawaran perdana ini, pengembang memberi promo menarik kemudahan cara bayar. DP Rp3 juta. Booking Fee Rp3 juta tapi mendapat promo diskon Rp2 juta hingga konsumen bayar hanya Rp1 juta. Biaya proses KPR semua dimasukkan kedalam harga dan bila persyaratan lengkap disetujui bank, maka konsumen bisa langsung akad kredit. 

Sementara itu, Dedy Lesmana, Deputy Head Non Subsidized Mortgage & Personal Lending Division, Bank Tabungan Negara (BTN), menyambut baik terobosan yang dilakukan Mustika Land Group mengeluarkan produk yang mudah diserap kaum milenial. 

Menurut Dedy, tidak banyak pengembang melakukan inovasi seperti ini. Konsep seperti ini, beda dengan pengembang lain yang membangun affordable housing dengan cara standar-standar saja. Sedangkan rumah bernuansa Jepang di Mustika Village Sukamulya ini sangat menarik dan harga dipasaran sudah sangat mahal.

"BTN mendukung penuh pemasaran tipe baru ini. Ini merupakan produk yang mudah diserap kaum milenial. Buat mendukung itu, BTN punya KPR Gaess untuk milenial, bunganya mulai 3,72 persen. Jika pengembang subsidi sedikit, bunga bisa jadi 2,22 persen, provisi dan administrasi free. Produk ini sedang kami promosikan besama Mustika Land dengan nama KPR Zero, dimana nasabah bebas bayar pokok angsuran selama 2 tahun," jelas Dedy yang turut hadir dalam acara tersebut.

Lebih jauh Dedy berharap, Mustika Village Sukamulya bisa ikut program KPR Platinum Corporate BPJS Ketenagakerjaan yang kini sedang digalakkan BTN.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022