Komunitas 234 Sosial Community ( SC) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menggelar kontes burung berkicau untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19.

"Kita melaksanakan kontes burung kali pertama dan kemungkinan kedepan even nasional," kata Ketua Komunitas 234 SC Kabupaten Lebak Aryo Lukito di Lebak, Minggu. 

Penyelenggaraan kontes burung berkicau dilaksanakan di depan Plaza Lebak dan pesertanya di atas 1.000 penggemar burung dari berbagai daerah di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung. 

Mereka jenis burung berkicau yang diperlombakan dalam kontes itu sebanyak 28 kelas terdiri dari burung  konin, pleci, murai batu, LB BBS Fighter, cicak ijo, kenari, balibu,  dan kacer. 

Para peserta yang berhasil pada kontes burung berkicau meraih piala Komunitas 234 SC berupa tiga buah sepeda motor dan uang. 

Pelaksanaan kontes burung berkicau itu, selain membangun silaturahmi dengan komunitas- komunitas lain juga mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. 

Selain itu juga membangkitkan omzet pendapatan ekonomi pelaku usaha micro kecil dan menengah (UMKM), bahkan ratusan pelaku usaha memadati halaman Plaza Lebak. 

"Kami tentu bagian dari komunitas sosial masyarakat sangat peduli untuk merangkul pelaku ekonomi dan belum lama ini juga menggelar lomba budaya," katanya menjelaskan. 

Nung (50) seorang pelaku UMKM warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya sangat terbantu adanya penyelenggaraan kontes burung berkicau yang dilaksanakan Komunitas 234 SC berdampak terhadap omzet pendapatan hingga meraup keuntungan Rp3 juta. 

"Kami memproduksi aneka makanan kering dan laku terjual, " katanya. 

Sementara itu, dokter Ade (45) peserta kontes jenis burung murai batu warga Cikeusik Kabupaten Pandeglang meraih juara pertama  setelah meraih poin tertinggi dalam durasi 20 menit.

Burung murai miliknya itu tak henti-henti berkicau, sehingga mengalahkan peserta dari daerah lain. 

"Kami merasa senang meraih juara, karena berkat perawatan burung yang optimal," katanya.





 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022