Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengingatkan jamaah calon haji di daerah ini agar mengutamakan menjaga kesehatan sehingga rangkaian rukun ibadah haji di Tanah Suci dapat terlaksana dengan baik.

"Kami minta seluruh jamaah calon haji dapat melaksanakan ibadah ibadah haji dengan baik juga tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat, " kata Asisten Daerah ( Asda) III Alkadri saat pelepasan calon haji di Gedung Pendopo Pemkab Lebak, Jumat.

Baca juga: Daftar tunggu haji di Banten 53 tahun

Pemerintah Kabupaten Lebak merasa lega setelah Kerajaan Arab Saudi membolehkan kembali JCH Indonesia, meski kuota JCH Indonesia dikurangi.
 
Pada tahun ini ,kata dia, JCH Kabupaten Lebak tahun hanya 293 orang, padahal musim haji tahun sebelumnya di atas 500 jamaah.
 
Pemberangkatan JCH asal Kabupaten Lebak untuk tahap pertama sebanyak 286 orang dengan kelompok terbang (kloter) 24 dan digabungkan dengan JCH dari Tangerang Selatan sebanyak 96 orang.
 
Sedangkan tahap kedua sebanyak 27 Juni 2022 sebanyak empat orang digabungkan dengan kloter Sapujagat.
 
Kloter Sapujagat itu bersama calon jamaah haji dari daerah lain.
 
Para JCH itu berangkat melalui Terminal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang pukul 20.00 WIB setelah istirahat di Asrama Haji Pondok Gede.
 
"Kami berharap warga yang melaksanakan ibadah haji agar menjaga kesehatan dan kembali ke Tanah Air selamat dan bisa berkumpul bersama keluarga, " katanya menjelaskan.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Lebak mengucapkan selamat kepada JCH yang akan diberangkatkan tahun ini dan patut disyukuri bersama, sebab sejak dua tahun terakhir pemberangkatan ke Tanah Suci,Mekkah dibatalkan karena situasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Ribuan warga hadiri pelepasan jamaah calon haji di Lebak
 
Pemerintah Kabupaten Lebak mengimbau seluruh jamaah haji asal Lebak agar menjaga kekompakan dan jangan sampai hilang dari rombongan juga mentaati aturan di Mekkah, Arab Saudi.
 
Selain itu juga jangan sampai hilang atau lupa memakai identitas pengenal yang dipakai di leher juga gelang untuk memudahkan jika hilang atau lepas dari rombongan.
 
"Jika hilang atau lepas ID Card dan gelang maka bisa dikenali, " katanya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lebak Badru mengatakan saat ini jumlah JCH yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 290 jamaah dan tahap pertama 286 jamaah diberangkatkan 17 Juni 2022 pukul 14.00 WIB dan tahap kedua 27 Juni 2022.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak hingga kini meminta Pemerintah Arab Saudi agar menambah kuota JCH, karena daftar tunggu hingga 25 tahun kedepan.
 
Saat ini, daftar tunggu haji Kabupaten Lebak mencapai 18.000 orang.
 
"Kami minta JCH menjaga kesehatan dan kondusivitas fisik agar menjadi haji mabrur," katanya.

Sementara itu, Jali Ramadani (55) warga Kalanganyar Kabupaten Lebak mengatakan dirinya bersama isteri merasa bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji tahun 2022 dengan menunggu hingga 10 tahun lalu.
 
"Kami berharap menjadi haji mabrur dan pulang ke Tanah Air dengan kondisi sehat dan selamat, " katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022