Tangerang (AntaraBanten) - Dua wilayah di Kecamatan Tangerang terpilih dalam percontohan sebagai penerapan lingkungan dan pola hidup sehat.

Kedua wilayah tersebut yakni di Komplek Pengayoman untuk tatanan lingkungan hidup sehat dan Kelurahan Budi Asih untuk penerapan pola hidup sehat. Selanjutnya, kedua wilayah tersebut akan menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.

Camat Tangerang, Gunawan Priahutama, mengatakan, setiap kecamatan memiliki perbedaan keunggulan seperti halnya kecamatan Karawaci dengan Eco Office, Kecamatan Jatiuwung dengan Kantor sehat, Batu Ceper dengan ketahanan pangan dan kecamatan lainnya.

Pembinaan kedua lingkungan tersebut, Gunawan mengatakan, akan dilakukan oleh setiap SKPD dan FKTS selama enam bulan.

Setelah itu, warga diminta mandiri melakukan pengembangan dan menyebarkan informasi agar bisa diterapkan juga oleh lingkungan lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi misi Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah untuk menjadikan lingkungan bersih dan wujud dari pola hidup sehat.

Apalagi, dengan raihan Adipura Kencana selama dua kali berturut - turut, maka setiap pihak termasuk warga dituntut untuk bisa menjaga lingkungan dan melakukan inovasi.

Misalnya saja pembentukan warga peduli lingkungan atau lainnya dalam menjadikan tempat tinggalnya nyaman dan bersih.

"Kita terus sosialisasi dan mengajak warga dalam berbagai kesempatan untuk bisa menjaga lingkungan melalui kegiatan bersama atau kelompok," ujarnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, perlu kerjasama semua pihak dari swasta, lembaga pendidikan hingga warga untuk mewujudkan kota layak huni.

Tidak hanya pada lingkungan bersih, tetapi juga terbangunnya kesadaran di masyarakat dalam menjaga dan merawatn lingkungan.

Sebab, Pemkot Tangerang telah meluncurkan berbagai program seperti Bank Sampah, komunitas peduli lingkungan, pembangunan jalan secara merata dan mengatasi kebanjiran.

Semua itu perlu peran serta masyarakat karena berada di lingkungan tersebut. Jangan sampai, pembangunan yang telah dilakukan, menjadi rusak sia - sia karena tidak dijaga.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014