Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan, Banten, bersama dengan PT DABS Teknologi menggelar donor darah dengan target mengumpulkan 7.700 kantong selama 77 hari.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Tangsel, Suhara Manullang di Tangerang Sabtu mengatakan pihaknya menerjunkan tim untuk pola jemput bola bagi pendonor yang tidak bisa datang ke lokasi donor.

Baca juga: KPK dalami aliran uang yang diterima tersangka kasus lahan SMKN 7 Tangsel

“Kami sudah punya unit mobil keliling, jika ada yang ingin mendonor, nanti tim kami yang menuju ke lokasi,” katanya.

Suhara berharap, selama 77 hari pihaknya bersama DABS Teknologi dapat menggalang 7.700 kantong darah dan menjadi kado dalam perayaan kemerdekaan RI ke 77.

"Ini juga untuk memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Tangsel," katanya.

Perwakilan PT Dabs Teknologi, Dewidi mengatakan setiap harinya ditarget 100 kantong darah akan diperoleh dari para pendonor se Jabodetabek dan Banten.

"Kebetulan tahun ini kita merayakan Dirgahayu HUT RI yang ke-77, jadi tema kita selama 77 hari. Dimulai 2 Juni hingga 17 Agustus 2022 dengan target 7.700 kantong darah," ujarnya.

Dewi menuturkan dalam mencapai target tersebut pihaknya turut menggaet belasan pusat perbelanjaan dalam menggelar kegiatan donor darah.

Menurutnya langkah itu dilakukan agar mempermudah akses bagi masyarakat untuk melakukan donor darah.

"Kita kerjasama dengan 13 mal itu di Jabodetabek, jadi yang mau donor bisa langsung dan tim PMI akan jemput," ujar dia.

Selain itu pihaknya juga mengaku jika gagasan mengumpulkan kantong darah ini terlahir sejak adanya isu menipisnya ketersediaan kantong darah di PMI Kota Tangsel.

"Sebenarnya asal mulanya COVID-19 terus isu muncul kantong darah susah didapat karena kebutuhan tinggi. Jadi jiwa muda supaya bisa donor kita buat yang unik dan menarik," ujar dia.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022