Jakarta (Antara  News) - Paduan suara Universitas Mercu Buana berhasil meraih juara pertama kompetisi tingkat internasional dalam Festival Choral Internacional 3rd Canta Al Mar di Spanyol.

Rektor Universitas Mercu Buana Arissetyanto Nugroho di Jakarta, Kamis, mengatakan tiga kategori lomba yang diikuti dalam festival tersebut yakni kategori Mixed Choir, Female Choir, dan Folklore.

Lagu yang dinyanyikan dalam Kategori Mixed Choir adalah O Mirtillo, Mirtillo, anima mia (Claudio MONTEVERDI), Zutaz (Javier BUSTO), dan Cantate Domino (Josu ELBERDIN).

Untuk Kategori Female Choir PSM UMB membawakan lagu On The Death of Antony (Samuel BARBER), Salve Regina (Ivan YOHAN), dan Ditirambo (Arr. Karl Friedrich Curachmann).

Dalam Kategori Folklore terdapat Lingsir Wengi (Arr. Amillio Fahlevi), Ahtoi Porosh (Arr. Budi Susanto Yohanes), dan Janger (Arr. Avip Priatna and Agustinus Bambang Jusana).

Ia menjelaskan, kompetisi Internasional tersebut telah berlangsung selama lima hari yakni mulai tanggal 22 - 26 Oktober 2014 di Spanyol

Meski sudah berhasil meraih juara, diharapkan kemampuan mahasiswa terus digali sehingga rangking dunia bisa meningkat serta kembali ke tanah air dengan prestasi yang tidak hanya membanggakan Universitas Mercu Buana, tetapi juga bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Kami sadar bahwa menyiapkan generasi unggul tidak cukup hanya menguasai kompetensi kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik. Oleh karenanya, keikutsertaan Paduan Suara Universitas Mercu Buana sebagai wahana ekspresi," ujarnya dalam keterangan di Jakarta.

PSM UMB terbentuk pada 23 Oktober 1988 dan telah berhasil mengembangkan kemampuan dalam berbagai jenis lagu tradisional (Folklore), Modern, Klasik.

PSM UMB aktif mengikuti berbagai Festival Paduan Suara di tingkat Nasional dan Internasional. Selain itu PSM UMB juga telah berhasil menyelenggarakan berbagai macam konser paduan suara, baik yang bertajuk kontemporer hingga dalam bentuk seni pertunjukan drama musikal.

Sebelumnya PSM UMB berpartisipasi dalam misi kebudayaan di Vietnam 2011, Menjuarai Event Internasional Choir Competition di Guangzhou International Open Competition 2012.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014