Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Kabupaten Tangerang,  menargetkan menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Banten 2022.

"Mudah-mudahan sama seperti tahun 2018 lalu, dengan bisa banyak meraih medali untuk juara umum," kata Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Ratih Rahmawati usai melepas atlet Popda di Tangerang, Senin.

Baca juga: Atlet Kempo Lebak optimistis raih prestasi di kejuaraan Popda

Dia mengatakan, kontingen Kabupaten Tangerang diharapkan tampil maksimal saat berlaga pada Popda Banten tahun ini sehingga bisa mengulangi sejarah lima tahun sebelumnya dengan gelar juara umum.

"Makanya kita memotivasi ke anak-anak untuk tetap semangat dan maksimal selama bertanding nanti. Jika juara, kami akan memberikan bonus kepada para atlet," kata Ratih.

Ratih juga menilati event tersebut momentum titik lanjut pembibitan dan pembinaan bagi atlet pelajar Kabupaten Tangerang sehingga menorehkan prestasi lebih baik di tingkat nasional.

"Kita juga sekarang sudah menyiapkan langka untuk ikut Porprov di bulan Oktober mendatang bersama KONI kabupaten Tangerang," kata dia.

Ia mengungkapkan, pada Popda Banten 2022 ini Kabupaten Tangerang menurunkan 279 atlet pada 17 cabang olahraga yang meliputi atletik, bola basket, bola voli, voli pasir, bulu tangkis, gulat, judo, pencak silat, renang, sepak bola, taekwondo, tinju, karate, panahan, tenis meja dan tenis.

"Dari seluruh cabang olahraga itu, Allhamdulilah kita sudah berkoordinasi dan kini untuk melakukan langkah-langkah persiapan. Baik dari segi material maupun lainnya yang akan berlangsung di Kota Serang itu," ungkap dia.

Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Tangerang Komarudin menambahkan bahwa pihaknya telah mendukung kontingen pelajar  Disporabudpar dengan memberikan bimbingan kepada pelatih-pelatih terbaik yang disiapkan.

Satuan pendidik dalam konteks keolahragaan ini diharapkan menggali bibit-bibit atlet pelajar yang berpotensi memberikan prestasi untuk Kabupaten Tangerang.

"Kami atau KONI hanya menyiapkan para pelatih, dari cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang olahraga pelajar daerah ini. Dan tentunya kami akan terus mendukung penuh dalam menciptakan prestasi untuk daerah kita," kata dia.

Popda X Provinsi Banten 2022 dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) ke-7 akan digelar di Kota Serang pada 6-11 Juni 2022, di tiga venue yang meliputi Stadion Maulana Yusuf di Kota Serang, Stadion Heroik di Taman Kopassus, dan di area Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022