Atlet Kabupaten Lebak menargetkan juara cabang lomba bola tangan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten ke VI pada November  mendatang.

"Kami mengoptimalkan pelatihan agar para atlet bola tangan memiliki kompetensi sehingga bisa meraih prestasi  pada kejuaraan Porprov Banten, " kata Ketua Asosiasi Bola Tangan  Indonesia ( ABTI) Kabupaten Lebak Medi Juanda di Lebak, Minggu. 

Pelatihan dilakukan secara rutin setiap pekan berlokasi di GOR Pasir Ona Rangkasbitung. 

Mereka para atlet bola tangan itu dibina oleh pelatih-pelatih lokal yang memiliki sertifikasi nasional. 

Kebanyakan  para atlet bola tangan itu pelajar dan mahasiswa, sehingga mumpuni untuk meraih prestasi dalam ajang Porprov Banten. 

"Kita meyakini dapat meraih prestasi di ajang Porprov Banten,meski pertama kali diikutsertakan pada cabang olahraga lomba itu, " kata Medi. 

Menurut dia, pihaknya kedepan akan memprogramkan untuk memasyarakatkan  olahraga cabang bola tangan.

Selama ini, kata dia, cabang olahraga itu belum dikenal masyarakat luas. 

Karena itu, pihaknya sebagai Ketua  ABTI  tentu memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan kepada pelajar SD, SMP, SMA juga MTs dan MA serta Perguruan Tinggi. 

Kegiatan sosialisasi itu dalam upaya memasyarakatkan cabang olahraga bola tangan, sehingga dapat melahirkan atlet - atlet yang profesional. 

'Kami berharap kedepan para atlet bola tangan yang dilakukan secara beregu sebanyak tujuh orang bisa meraih prestasi berbagai kejuaraan sehingga membawa harum nama daerah, " katanya. 

Sementara itu, Ali Boy, seorang pelatih mengaku pihaknya sudah mempersiapkan kontingen atlet  cabang bola tangan untuk ajang bergengsi pada Porprov Banten.

Mereka saat ini para atlet bola tangan digembleng dalam permainan itu untuk mengasah kemampuan baik strategi menyerang maupun  bertahan. 

Sebab, lomba cabang ini tidak maksimal selama dua tahun akibat COVID-19.

Padahal, permainan  cabang bola tangan sebelum pandemi mampu meraih berbagai krjuaraan di tingkat daerah.

"Kami optimistis pada Porprov Banten bisa meraih juara dan lawan terberat Tangerang Raya, " katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022