Pengadilan Negeri Pandeglang,  Hakim Pengawas dan Pengamat beserta Tim, mengadakan kunjungan guna melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap pada narapidana yang berada di Rutan kelas II B Pandeglang, Rabu 25 Mei 22.

Tim Wasmat yang dibentuk oleh Titis Tri Wulandari, selaku Ketua  pengadilan Negeri Pandeglang tersebut, dipimpin oleh Panji Aswinartha, selaku hakim pada Pengadilan Negeri Pandeglang, dan beranggotakan Resya serta Joko dari Kepaniteraan Pengadilan Negeri Pandeglang.

Baca juga: Minibus Elf jurusan Malingping tabrak sepeda motor, dua orang tewas

Kedatangan Tim Wasmat dari Pengadilan Negeri Pandeglang  tersebut disambut baik oleh Jupri,  selaku Kepala Rutan Kelas II B Pandeglang.

Dalam melakukan Pengawasan dan pengamatannya, Panji beserta anggotanya, 5 orang Narapidana dengan berbagai macam tindak pidana yang dilakukannya, diantaranya telah melakukan tindak pidana Pencurian, Narkotika, Penganiayaan dan lainnya.

Saat melakukan Pengawasan dan Pengamatan di Rutan Kelas IIB Pandeglang, Panji beserta anggotanya juga didampingi oleh Sudrajat., yang merupakan Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan

Saat dikonfirmasi Juru bicara Pengadilan Negeri Pandeglang Andry Eswin membenarkan dan menjelaskan bahwa Tujuan diadakan pengawasan dan pengamatan terhadap Narapidana tersebut adalah memastikan pelaksanaan putusan di Lembaga Permasyarakatan dan di dalam Rumah Tahanan Negara karena dalam pelaksanaan putusan itu dapat terjadi tertindasnya hak-hak terpidana atau narapidana, yaitu karena tindakan petugas dan yang timbul dalam Lembaga Pemasyarakatan yang bersifat menderitakan dan merendahkan martabat manusia.

Dengan demikian, Hakim Wasmat adalah hakim yang ditunjuk Ketua Pengadilan dan diberi tugas khusus untuk membantu ketua pengadilan dalam melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap putusan pengadilan yang menjatuhkan pidana berupa perampasan kemerdekaan, serta Hakim Pengawas dapat memberikan masukan/saran kepada instansi yang terkait untuk lebih meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas pokoknya masing-masing.

Eswin juga mengatakan bahwa  kegiatan ini rutin dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pandeglang sesuai dengan Instruksi Ibu Ketua Pengadilan Negeri Pandeglang, 2 kali dalam 1 Tahun.

Pewarta: Rangga Eka Putra

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022