Masyarakat Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menggelar ritual tradisi "Seba" atau kunjungan ke Bupati Lebak dan pejabat sebagai ungkapan rasa syukur hasil produksi pertanian melimpah.

"Pelaksanaan tradisi ritual Seba dipimpin Jaro Tanggungan 12 Jaro Saidi Yunior, " kata tokoh adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija di Lebak, Sabtu.

Baca juga: Ratusan warga Suku Badui malam ini gelar ritual Seba

Masyarakat Badui melaksanakan ritual tradisi Seba bertempat di Gedung Pendopo Pemkab Lebak pada Jumat (6/5), dengan sangat khusyuk.
 
Mereka warga Badui tidak ada satupun yang bercanda maupun mengobrol ketika Jaro Saidi menerangkan riwayat Seba.

Seba merupakan wujud syukur sekaligus juga menjalin silaturahim dengan pemerintah daerah yang melindungi masyarakat Badui dalam mengelola usaha pertanian juga keamanan.
 
"Kami tahun ini menggelar Seba Leutik atau Seba kecil dengan jumlah Badui Luar sebanyak 158 orang dan Badui Dalam 23 orang," katanya.
 
Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan pemerintah daerah hingga kini melestarikan budaya dari leluhur masyarakat Badui, termasuk acara ritual tradisi Seba.
 
Selain itu juga pemerintah daerah melalui kepolisian memberikan jaminan keamanan di lingkungan kawasan masyarakat Badui.
 
Begitu juga masyarakat Badui agar terus menjaga hutan dan jangan sampai rusak.
 
Sebab, kawasan Badui merupakan daerah resapan dan hulu air dan jika kawasan hulu air rusak dapat menimbulkan bencana banjir dan kesulitan air bersih yang menerjang Rangkasbitung.
 
"Kami minta masyarakat Badui agar wisatawan dapat menjaga lingkungan dan tidak buang sampah sembarangan, " katanya.
 
Sementara itu, perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Edi Wardoyo mengapresiasi tradisi ritual Seba yang dilaksanakan masyarakat Badui merupakan nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia.
 
Pemerintah mendorong budaya tradisi ritual Seba masyarakat Badui terus dilestarikan dan dijaga.
 
Sebab, budaya itu dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat juga dapat menumbuhkan ekonomi.
 
"Kami berharap ritual Seba Badui menjadikan momentum untuk kebangkitan masyarakat adat, " katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022