Serang (AntaraBanten) - Pelaksana Tugas Gubernur Banten Rano Karno berjanji tidak akan ada intervensi kepentingan terhadap Tim Seleksi (Timsel) Calon Sekretaris Daerah Provinsi itu.

"Kalau saya mau intervensi, ngapain ada seleksi-seleksi. Tunjuk saja dari awal," kata Rano Karno di Serang, Minggu.

Ia mengatakan, proses seleksi calon Sekda Banten semua mekanismenya diserahkan kepada tim seleksi termasuk hasil uji kompetensi yang dilaksanakan di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung.

Rano Karno mengaku belum mengetahui hasil uji kompetensi di LAN Bandung itu. "Hasil tes kompetensi itu saya juga belum mengetahui, karena belum mendapat laporannya. Katanya nanti hasilnya awal Oktober," katanya saat ditanya terkait proses seleksi jabatan Sekda Banten.

Ia mengatakan, proses lelang jabatan di Pemprov Banten dilakukan dalam upaya membangun birokrasi dan pejabat yang profesional. Sehingga mekanisme penempatan jabatan di Provinsi Banten dijalankan sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kita harus mulai profesional. Bahkan upaya kita ini mendapat apresiasi Menpan," katanya.

Rano mengatakan, proses lelang jabatan yang dilakukan melalui timsel tidak hanya untuk jabatan Sekda, tetapi dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan lelang jabatan untuk pejabat eselon II, III dan IV.

"Kami juga menekankan untuk jenjang pendidikan dan latihan bagi pejabat-pejabat, karena nanti tahun depan banyak pensiun. Diklatpim," katanya.

Ia mengatakan, terkait calon Sekda nanti akan diusulkan tiga nama sesuai dengan hasil seleksi dan tes komptensi. Ia berharap sebelum habis masa jabatan Plt Sekda pada akhir Oktober 2014, satu dari tiga nama yang diusulkan ke Kemendagri sudah turun.

"Saya kenal semua calon yang mendaftar, tapi terserah siapapun hasilnya nanti saya nggak ada urusan yang penting profesional karena demi kepentingan rakyat Banten," kata Rano usai melepas tim arung jeram Provinsi Banten berangkat ke Brazil untuk mengikuti kejuaraan internasional.

Sementara Plt Sekda Banten yang juga Ketua Timsel Calon Sekda, Asmudji HW mengatakan, hasil tes kompetensi di LAN Banten dari delapan calon Sekda, akan diterima timsel paling lambat pada 5 Oktober. Setelah menerima hasil tes kompetensi, pansel juga akan melakukan tes wawancara dan kesehatan, sebelum mengusulkan tiga nama ke Kemendagri.

"Palig lambat tanggal 10 Oktober 2014 kami Timsel sudah mengusulkan tiga nama ke Kemendagri. Nanti hasilnya tergantung proses di Kemendagri. Saya berharap akhir oktober sudah muncul satu nama," kata Asmudji.

Salah seorang peserta seleksi calon Sekda Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, banyak hikmah yang diperoleh dalam mengikuti seleksi calon Sekda Banten. Sebab dalam tes kompetensi yang dilakukan di LAN Bandung, bisa mengukur kemampuan masing-masing peserta dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pejabat pemerintah.

"Menarik dan banyak hikmahnya karena kita tahu kompetensi kita masing-masing. Saya ditanya terkait managerial, integritas, wawasan, networking dan kerja sama serta ditanya hal-hal yang berkaitan dengan kepribadian," kata Neng Nurcahyati yang juga Kepala Distanak Banten.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014