Ahli nutrisi Aria Novitasari yang juga anggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife Nutrition Indonesia mengingatkan pentingnya memperhatikan konsumsi saat Lebaran agar kesehatan selalu terjaga.

"Biasanya saat lebaran kita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan minuman manis. Pada akhirnya ini membuat berat badan kita yang sudah ideal selama menjalankan ibadah puasa menjadi kembali bertambah yang kalau dibiarkan bakal mengganggu kesehatan," ungkap Aria dalam bincang-bincang menjelang berbuka puasa, Selasa.

Baca juga: Bupati Serang: Gerakan Penyelamatan Ibu dan Bayi berdampak positif

Aria mengatakan sebenarnya tidak menjadi masalah untuk mengonsumsi makanan berlemak dan minuman manis hanya saja jumlahnya harus dibatasi serta mengombinasikan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat seperti buah dan sayur.

Aria menyebutkan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga asupan nutrisi di masa libur Idul Fitri diantaranya dengan membatasi mengonsumsi santan dan lemak

Banyak makanan yang mengandung santan dan lemak yang disajikan saat Hari Raya, dan tentunya kita pasti menikmati makanan-makanan favorit tersebut. Boleh saja menikmati makanan tersebut, tapi perlu diingat untuk membatasi porsinya agar tak kelebihan asupan lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan, jelas Aria.

Aria menjelaskan sebaiknya memilih porsi yang lebih kecil dan makan dengan bijak yang bertujuan agar lebih mudah membatasi porsi makan, gunakan piring, mangkuk atau gelas berukuran kecil, cara ini juga membantu mengontol kalori berlebihan saat makan.

Penting juga mengonsumsi sayuran dan buah untuk membantu memenuhi asupan serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi serat yang cukup juga membantu menjaga level kolesterol tetap dalam pencernaan.batas normal. 

Agar tetap sehat, bisa mengkonsumsi produk olahan susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, dan mentimun.
Selain itu,  bisa juga menikmati sup, sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun dan buah-buahan.

Kombinasi ini memenuhi kebutuhan energi harian, vitamin dan protein tubuh. Selain buah-buahan, sebaiknya makan roti gandum utuh dan pasta atau bulgur gandum yang kaya akan karbohidrat dan serat, yang baik untuk sistem

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan dehidrasi dan lapar karena puasa, akan menyebabkan tubuh memperlambat metabolisme untuk mengurangi penggunaan energi seefisien mungkin. 

Saat memasuki Hari Raya, Anda akan dihidangkan menu makanan spesial yang hanya dijumpai pada saat Idul Fitri. Jangan khawatir untuk cicipi dan konsumsi makanan yang disajikan. Namun, setelah itu segera kembali kepada resolusi
hidup sehat. 

"Untuk hasil terbaik, patuhi rencana gaya hidup sehat anda, dan gabungkan dengan olahraga yang konsisten untuk membantu mencapai resolusi sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan aktif tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang dan konsisten," kata Andam.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022