Jakarta (Antara News) - jobsDB portal lowongan kerja multinasional berkerja sama dengan pengurus nasional Karang Taruna mencari solusi terhadap persoalan tenaga kerja di kalangan pemuda.


"Kerja sama ini merupakan upaya aktif jobsDB turut berperan aktif dalam menyejaterakan bangsa," kata Managing Director jobsDB Indonesia Ariadi Anaya di Jakarta, Sabtu.

Kerja sama ini. kata Ariadi sekaligus menandai ulang tahun ke-54 Karang Taruna, organisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk sejak 26 September 1960 dan kini beranggotakan pemuda dari 79.239 desa di seluruh Indonesia, yang berfungsi sebagai wadah serta sarana pengembangan generasi muda di wilayah desa/kelurahan.

jobsDB merupakan portal lowongan kerja kredibel dengan pengalaman 16 tahun, telah beroperasi di berbagai negara Asia seperti Hongkong, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Di Indonesia, jobsDB mendapat kepercayaan dari berbagai instansi pemerintah untuk menjalin  kerja sama strategis di bidang ketenagakerjaan, di antaranya Kementerian Pendidikan Nasional, BNP2TKI, KemenPAN-RB, UMKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan KADIN.

"Berbekal pengalaman dan kredibilitas jobsDB, kami yakin kolaborasi dengan Karang Taruna akan memberi solusi bagi masalah kepemudaan, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan.  Kerjasama yang dilakukan saat ini yaitu  jobsDB menyiapkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan anggota Karang Taruna di dalam microsite, yang dapat dilihat berdasarkan fungsi pekerjaan, lokasi, dan pendidikan," kata Ariadi.  

Selain itu, ungkap Ariadi, di microsite juga tersedia berita-berita dan artikel seputar Karang Taruna serta informasi yang berhubungan dengan pekerjaan.  Microsite ini dapat diakses di link : http://id.jobsdb.com/ID/EN/StaticContent/karang-taruna/index.html. ungkap Ariadi.

Kerja sama ini, kata Ariadi, selaras dengan visi dan misi  jobsDB dan Karang Taruna. Sebagai portal lowongan pekerjaan yang sangat mengutamakan job seeker, jobsDB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menemukan pekerjaan yang tepat, serta membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten.

Sementara Karang Taruna yang telah berkiprah selama 54 tahun memiliki misi meningkatkan SDM demi masa depan yang lebik baik.

Sinergi jobsDB dan Karang Taruna diharapkan dapat mewujudkan keinginan dan harapan kedua belah pihak, yaitu peningkatan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat di tingkat desa serta kelurahan.

Karang Taruna telah tumbuh dan berkembang dari, oleh, dan untuk generasi muda, khususnya di tingkat wilayah desa, kelurahan, atau komunitas adat yang sederajat. Didasari semangat kaum muda untuk membangun komunitasnya, setiap desa, kelurahan atau komunitas dapat membuat dan mengembangkan Karang Tarunanya yang dikelola secara otonom.

"Berbekal komitmen tinggi dan cita-cita luhur untuk menyejahterakan kehidupan bangsa, saya optimis dan yakin, kegiatan yang dikelola bersama dengan jobsDB ini akan disambut antusias oleh para pemuda di desa atau kelurahan yang mendapatkan akses internet, sehingga bisa memberikan harapan akan potensi karir di masa depan," kata Ketua Umum Nasional Karang Tarunakata Taufan E.N. Rotorasiko.

Sebagai salah satu portal pencari kerja terbesar, jobsDB memiliki sekitar 60 ribu perusahaan di Indonesia yang menawarkan lapangan pekerjaan.

Database lowongan kerja yang dapat diakses para pencari kerja mampu menawarkan kesempatan dan pekerjaan yang paling cocok  dengan keinginan mereka. Situs jobsDB seluruh Asia mendapat 12-18 juta kunjungan setiap bulannya.

Sementara di Indonesia sendiri, situs jobsDB mendapatkan 30 juta kunjungan per tahun dan dapat meningkat hingga 30 persen pada tahun-tahun mendatang, seiring perkembangan pengguna internet yang terus bertambah setiap tahunnya.

Ariadi menambahkan, portal jobsDB Indonesia sendiri saat ini tersedia sekitar 30 ribu posisi/lowongan pekerjaan. Melalui jobsDB, peminat bisa melakukan berbagai mode pencarian pekerjaan yang paling cocok.

Situs jobsDB memiliki fitur mesin pencari yang mampu menemukan berbagai jenis pekerjaan berdasarkan jabatan yang diinginkan, fungsi pekerjaan, lokasi, serta kisaran gaji bulanan yang diharapkan.

Selain itu tersedia pula sarana untuk menaruh resume yang memungkinkan para pencari kerja ditemukan oleh perusahaan yang memerlukan.

Melalui jobsDB, pengguna juga bisa mendapatkan informasi lowongan yang tersedia lewat email pribadi. "Anda hanya perlu membuat job alert di situs kami secara mudah. Cukup masukkan semua kriteria pekerjaan yang diinginkan, lalu kami akan mengirimkan informasi lowongan yang paling sesuai untuk Anda melalui email," kata Ariadi.

jobsDB telah mengembangkan aplikasi terkini untuk smartphone berbasis Android dan iOS untuk memudahkan pencari kerja. Karena itu melalui jobsDB info lowongan pekerjaan bisa datang kapan saja, seolah terlepas dari ruang dan waktu.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014