Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Banten menyiapkan Rp3,5 triliun untuk penukaran uang pecahan baru menjelang Lebaran 1443 H.

Kepala Kantor Perwakilan BI Banten, Imaduddin Sahabat di Serang, Jumat mengatakan pada awalnya BI Banten hanya menyiapkan uang tunai pecahan untuk penukaran sebesar Rp2,7 triliun. Namun demikian, antusiasme masyarakat yang ingin menukarkan uang sangat tinggi sehingga ada penambahan.

Baca juga: Pemprov Banten pastikan H-7 Lebaran 2022 perbaikan jalan telah selesai

"Pada awalnya disiapkan Rp2,7 triliun berdasarkan analisa dan evaluasi pengalaman tahun sebelumnya, serta hasil kordinasi kami" kata Imaduddin.

Namun demikian, diperkirakan karena adanya kebijakan pemerintah yang memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang akan mudik serta libur panjang dan juga kebijakan terkait pengumuman THR, sehingga antusias masyarakat untuk menukar uang pecahan baru meningkat drastis.

"Sampai hari ini realisasi penukaran uang pecahan baru sudah 65 persen dari Rp3,5 triliun yang disiapkan. Ini masih ada waktu seminggu lagi sebelum Lebaran," kata dia.

Pihaknya juga pada 25 dan 28 April 2022 akan membuka layanan penukaran uang bersama bank-bank lain, yang akan dilaksanakan di alun-alun Kota Serang dan Kota Cilegon.

"Penukaran bersama bank-bank pemerintah ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat luas yang ingin menukarkan uang pecahan baru, terutama tidak bisa memanfaatkan aplikasi penukaran uang yang disiapkan BI," kata Imaduddin Sahabat.

Ia mengatakan, penukaran uang pecahan baru juga sebagai edukasi bagi masyarakat agar tetap menjaga uang dalam kondisi bagus atau tidak rusak, mengantisipasi adanya uang palsu serta edukasi agar masyarakat cinta rupiah.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022