Tangerang (AntaraBanten) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun gedung metrologi kimia di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Agus Haryono, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI di Tangerang, Selasa, mengatakan gedung metrologi kimia merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pusat penelitian kimia LIPI.

Nantinya, di gedung tersebut akan dilakukan berbagai kegiatan pengukuran metrologi kimia dalam upaya merintis pengembangan infrastruktur metrologi kimia nasional.

Gedung metrologi kimia dibangun di atas lahan seluas 3.250 meter persegi dengan fasilitas penunjang seperti ruang pertemuan, sarana ibadah, area parkir.

Saat ini, baru gedung laboratorium yang difungsikan untuk penelitian dan pengembangan pengukuran di bidang kimia anorganik, organik, elektrokimia dan gas. "Ditargetkan pembangunan secara menyeluruh selesai pada tahun 2015," ujarnya.

Selanjutnya, akan juga dilakukan melengkapi berbagai peralatan tambahan untuk memungkinkan dilakukan pengukuran yang sekunder bahkan primer sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional.

"Gedung ini sebagai sarana awal dengan peralatan mendasar dan akan dilakukan pemenuhan selanjutnya karena menjadi acuan nasional," katanya.

Sementara itu, Kepala LIPI, Lukman Hakim, menambahkan, gedung ini sebagai investasi yang diberikan pemerintah untuk dapat memfasilitasi dan mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan metrologi kimia.

Ke depan, pusat penelitian kimia sebagai designated institute untuk mengembangkan metrologi kimia dan menjalankan peran utamanya yakni mengembangkan dan memelihar standar pengukuran sesuai kebutuhan masyarakat.

Lalu, memperoleh pengakuan internasional untuk kemampaun pengukuran di bidang kimia, mampu mendiseminasikan keterlusuran hasil pengukuran ke standar yang sesuai dan penghubung antara institusi dilingkup nasional dengan lembaga metrologi tingkat regional maupun internasional.

"Tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan kemandirian dalam pengukuran sehingga memberikan pondasi yang lebih kuat bagi perkembangan teknologi untuk mendukung industri serta peningkatan daya saing nasional dalam perdagangan," paparnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014