Majalah Top Business memberikan penghargaan kepada BUMD terbaik di seluruh Indonesia melalui ajang Top BUMD Awards 2022 dihadiri 650 tamu undangan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu malam.

Pemred Majalah Top Business, M. Lutfi Handayani mengatakan proses seleksi BUMD melibatkan sejumlah lembaga diantaranya Institut Otonomi Daerah (I-Otda), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), SGL Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Assoociate, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Yayasan Pakem, Fakultas Ekonomi.

Baca juga: Majalah Top Business kembali berikan penghargaan CSR

"Hasilnya, beberapa BUMD masuk dalam penilaian terbaik di Indonesia," kata Lutfi dalam keterangan tertulis.

BUMD yang masuk dalam Top BUMD Award 2022 diantaranya Perumdam TKR Kab. Tanggerang, Perumda Apa' Mening Kab. Malinau, Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu, Bank Jatim, Bank DKI, Bank Sumsel Babel, BPR Bank BAPAS 69, Bank Sleman. Sedangkan di sektor lain, ada MRT Jakarta, PT SPR (Sarana Pembangunan Riau), RSUD Iskak Tulungagung (BLUD-red), dan  PT Food Station Tjipinang Jaya, serta masih banyak lainnya.

Lutfi selaku Ketua Penyelenggara mengatakan ajang tersebut merupakan kelanjutan penghargaan tahun-tahun sebelumnya namun kali ini mengusung tema "Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan".

"Kita berharap, agar Manajemen BUMD tidak hanya mengejar kinerja bisnis tahunan atau dalam jangka pendek saja, tapi juga melakukan investasi agar bisnis BUMD dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang," kata Lutfi.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno yang hadir dalam acara tersebut mengatakan penanganan Covid-19 di Indonesia kini kian membaik.

"Walhasil, kita sekarang ini berada di tatanan ekonomi baru," kata dia.

Sandiaga lantas berpesan agar BUMD se-Indonesia jangan cepat puas diri dengan terus berinovasi.

Adapun Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri RI, Sugeng Hariyono, mendesak agar pemerintah daerah dan BUMD memetakan portofolio usaha untuk memisahkan mana yang perlu bertahan dan mana yang perlu didorong.

Membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Sugeng mengatakan untuk memajukan BUMD, perlu langkah integratif dan sinergi.

Sinergi tersebut bisa bagus. Misalnya, kini ada 26 BPD dengan aset Rp796,45 triliun. Kalau kredit bisa tersalurkan Rp473 triliun maka dengan aset sebesar itu tentu BPD bisa mendorong ekonomi, kata dia.

Penilaian
Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A. selaku Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2022, dalam kesempatan tersebut menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan dewan juri.

Djohermansyah menjelaskan kriteria penilaian untuk menetapkan BUMD yang masuk ke dalam Top BUMD Awards 2022 meliputi:
1. Capaian kinerja bisnis yang berkelanjutan;
2. Langkah perbaikan (improvement) yang dilakukan;
3. Kontribusi dalam pembangunan daerah;
4. Strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi/kenormalan baru.

Dari hasil penilaian itu terdapat temuan menarik yakni hampir semua BUMD, relatif mampu menghadapi dampak pandemi.

M. Lutfi Handayani mengatakan dewan juri saat wawancara dengan perusahaan peserta pada akhir sesi memberikan saran dan masukan perbaikan kepada peserta.

Sesi nilai tambah ini, dipopulerkan dan dibudayakan dalam penghargaan yang diselenggarakan Majalah Top Business.

Jadi, Top BUMD Awards atau kegiatan penghargaan lain yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business atau MSI Group, tidak hanya sekadar kegiatan penilaian dan penghargaan saja, namun didalamnya banyak aspek pembelajarannya.

"Dari kegiatan ini, kita mengharapkan munculnya BUMD-BUMD yang selalu melakukan perbaikan pengelolaan usaha bisnisnya, untuk meningkatkan daya saing, layanan, dan kinerja perusahaan secara berkelanjutan, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional atau pun pembangunan di daerah," kata Lutfi.

"Bila semakin banyak BUMD yang kinerjanya naik, maka percepatan dan pemerataan pembangunan nasional, bisa lebih cepat tercapai," kata Lutfi.

Lebih lanjut, Lutfi mengatakan bahwa Top BUMD Awards punya kelebihan. Yaitu sekaligus merupakan arena pembelajaran untuk perusahaan peserta.

"Hal ini terlihat dari adanya sesi nilai tambah dari para juri ahli, di setiap wawancara penjurian. Di situ, ada pemberian masukan untuk perbaikan. Perusahaan peserta bisa dikatakan mendapatkan konsultasi tanpa biaya, dari juri ahli. Ini adalah ciri tersendiri dari Top BUMD Awards," kata dia.

Jadi, kegiatan Top BUMD Awards, bukan hanya sekadar kegiatan pemberian penghargaan. Namun didalamnya, mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama untuk BUMD peserta.

Sekitar seminggu sebelum acara puncak tersebut, sebuah webinar pra-event acara puncak Top BUMD Awards 2022, telah digelar.

Pada acara itu, sejumlah petinggi perusahaan BUMD menjadi pembicara, dan memaparkan sejumlah strategi bisnis BUMD yang dipimpinnya sehingga berkinerja baik.

"Webinar tersebut juga menjadi acara sharing knowledge untuk peserta Top BUMD Awards 2022," harap Lutfi.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022