Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto memerintahkan para kapolres dan jajarannya mempercepat vaksinasi COVID-19 booster saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah sebagai syarat mudik.
 
"Sesuai dengan kebijakan pemerintah, maka Polda Banten fokus mengakselerasi pencapaian target vaksinasi booster bagi masyarakat," kata Rudy saat melakukan zoom meeting dan peninjauan gerai akselerasi vaksinasi Polres Lebak di Terminal Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Rabu.

Baca juga: Polda Banten memperketat pengawasan dan pendistribusian minyak goreng curah
 
Selama ini, cakupan pencapaian vaksinasi Kabupaten Lebak terendah di Provinsi Banten dibandingkan dengan daerah lain.
 
Realisasi vaksinasi Kabupaten Lebak peringkat paling bawah yakni dosis pertama sekitar 78 persen, dosis kedua 59 persen dan dosis tiga 2,55 persen untuk lansia 56,77 persen dari sasaran 1 juta jiwa.
 
Dengan demikian, Kapolda Banten memerintahkan pimpinan daerah dapat berkolaborasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi.
 
"Kami memerintahkan bupati dapat berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim untuk intens mensukseskan target vaksinasi hingga sampai Kecamatan, Kepala Puskesmas, Kapolsek dan Danramil untuk mengondisikan gerai vaksin bisa berjalan mengejar ketertinggalan untuk mencapai target dosis pertama dan kedua 100 persen," katanya.
 
Kapolda Banten berharap Polres Lebak membuat inovasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi.
 
"Saya berharap melalui inovasi dalam percepatan vaksinasi seperti yang dilakukan oleh daerah lain yaitu membuka gerai vaksin di Masjid, Pondok Pesantren yang pelaksanaannya dilakukan sebelum atau setelah buka puasa," katanya.
 
Kapolda Banten mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif mengikuti program vaksinasi dan disiplin dalam protokol kesehatan.
 
"Sepanjang masyarakat sudah menerima vaksin booster dan disiplin prokes dalam beraktivitas saat Ramadhan dan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dari penyebaran COVID-19," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022