Serang (AntaraBanten) - Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Jusuf Kalla harus mengutamakan integritas dalam memilih anggota kabinet pada pemerintahan mendatang. 

"Paling utama yang dibutuhkan saat ini dalam jajaran kabinet adalah orang yang memiliki integritas. Urusan ramping dan gemuk, itu tidak masalah menurut saya," kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, integritas sangat dibutuhkan bagi seorang anggota kabinet supaya bisa bekerja dengan maksimal bagi kepentingan rakyat, guna mendukung jalannya pemerintahan mendatang dibawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Persoalan dari parpol atau bukan dari parpol, atau kabinet ramping dan gemuk. Bagi saya itu tidak ada masalah, tapi paling penting integritas," kata Irman Gusman usai memberikan kuliah umum pada orientasi mahasiswa baru Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Serang.

Irman mengatakan, seorang yang berintegritas adalah memiliki sifat jujur, berakhlaq baik, bertanggung jawab dan siap mengabdi untuk kepentingan rakyat.

"Berikutnya nomor dua adalah yang memiliki kapasitas atau kompetensi dalam bidangnya," kata Irman.

Menurut Irman, integritas diperlukan saat ini karena bangsa Indonesia sedang krisis moral. Setelah, integritas dan kapasitas terpenuhi, selanjutnya baru ada dukungan secara politik.

Saat ditanya apakah dirinya siap jika diminta untuk menjadi anggota kabinet Jokowi-JK, Irman menyatakan, itu terserah karena yang memiliki kewenangan untuk menyusun kabinet adalah presiden dan paling utama yang harus dikedepankan adalah integritas orangnya.

"Presiden dan wakil presiden yang dipilih lebih dari 60 juta penduduk, ini tentu memiliki sesuatu kelebihan. Tapi tentunya tidak akan bisa bekerja tanpa didukung dengan kabinetnya," kata Irman.

Ia juga menyatakan, bahwa yang memiliki hak penuh untuk menentukan kabinet adalah presiden. Meskipun rekomendasinya dari pihak manapun, yang akan menentukan nantinya adalah presiden.

Irman Gusman didampingi sejumlah anggota DPD terpilih asal Provinsi Banten yakni Sadeli Karim, Ahmad Subadri, Habib Alwi serta Rektor Untirta Soleh Hidayat, menyampaikan kuliah umum dihadapan sekitar 3.100 mahasiswa baru Untirta.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014