Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, program Tangerang Cerdas yang digulirkan merupakan jaminan kepada seluruh warga untuk bisa bersekolah tanpa masalah biaya.

Arief di Tangerang, Selasa, mengatakan, realisasi dari program Tangerang Cerdas adalah, Pemkot Tangerang memberikan bantuan kepada pelajar dari tingkat SD hingga SMA/SMK berupa pembayaran SPP dan keperluan lainnya meliputi sepatu, seragam sekolah, tas sekolah dan penunjang proses belajar mengajar.

"Dengan begitu, maka seluruh anak - anak di Kota Tangerang telah terjamin dan bisa bersekolah tanpa adanya masalah biaya sebab telah ditanggung oleh Pemkot," kata Arief.

Untuk menjalankan program Tangerang Cerdas, Pemkot Tangerang telah mengalokasikan anggaran sebesar RP80 Miliar yang bersumber dari APBD Kota Tangerang.

Program Tangerang Cerdas pun bagian dari upaya peningkatan angka partisipasi kasar (APK) yang merupakan salah satu komponen dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM).  

Tak hanya itu saja, Program Tangerang Cerdas pun sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat mengenai wajib belajar hingga 12 tahun.

"Artinya, program ini sejalan dengan yang diinginkan pemerintah pusat. Di Kota Tangerang, seluruh siswa telah di jamin biaya sekolahnya," paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, H Achmad Lutfi, jumlah siswa yang masuk dalam program Tangerang cerdas yakni sebanyak 45 ribu orang terdiri dari tingkat SD hingga SMA/SMK.

Pemberian dana bantuan dari Pemkot Tangerang kepada penerima program tangerang cerdas, dilakukan melalui sekolah masing - masing.

Nantinya, setiap siswa yang masuk dalam program tangerang cerdas akan diberikan sebuah kartu Tangerang Cerdas (KTC). "Jadi, ada tanda pengenalnya," paparnya.

Sementara itu, dana yang diberikan dalam program tangerang cerdas di setiap tingkatakn yakni untuk SD Rp100 ribu per bulan, SMP Rp 150 per bulan, SMA Rp 200 ribu per bulan dan SMK Rp 300 ribu per bulan.

Program Tangerang Cerdas telah dilakukan launching oleh Wali Kota Tangerang bertepatan dengan Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69.

Kegiatan dilakukan dengan penyerahan secara simbolis Kartu Tangerang Tangerang Cerdas kepada pelajar.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014