Tangerang (Antara News) - PT Marga Mandala Sakti (MMS) melaksanakan uji kekesatan (skid resintance) dan ketidakrataan (roughness) jalan tol Tangerang - Merak, sebagai wujud dukungan kebijakan peraturan pemerintah mengenai Pedoman dan Penilaian Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal untuk tahun 2014.


"Uji kekesatan ini sangat diperlukan pada jalan raya untuk menghindari kejadian yang membahayakan terutama pada saat kondisi hujan," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Pemeliharaan Jalan MMS Agung Prasetyo di Tangerang, Selasa.

Agung saat ditemui pada acara JOGET (journalist goes to toll road) di komplek perkantoran MMS, Cikupa menjelaskan, selama pengukuran nantinya permukaan perkerasan akan dikondisikan dalam keadaan basah untuk mensimulasikan keadaan kritis permukaan  perkerasan.

Kegiatan yang rutin diadakan dua tahun sekali ini bertujuan untuk memperoleh data kekesatan dan ketidakrataan permukaan jalan sebagai dasar acuan dalam rangka perencanaan pekerjaan pemeliharaan dan antisipasi penanganan yang dapat mengukur tekstur berupa koefisien friksi SFC (sideway force coefficient).

Mu-meter mengukur kekesatan permukaan jalan secara langsung dengan membuat mekanisme  gesekan/friksi antara permukaan perkerasan dengan roda Mu-meter pada saat kecepatan kendaraan penarik (towing vehicle) 60 kilometer per jam.

Menurut Agung, uji ketidakrataan berfungsi untuk melihat ekspresi kenyamanan berkendaraan.

"Adanya ketidakrataan pada permukaan perkerasan dapat menimbulkan goncangan kendaraan dan bahkan membahayakan keselamatan pengguna jalan," ujar dia.

Pengujian ini menggunakan kendaraan ROMDAS (road measurement data acquisition system) sebagai sistem untuk pengumpulan data ketidakrataan dari alat pengukur ketidakrataan Bump Integrator jenis respon.

Pekerjaan uji kekesatan dan ketidakrataan ini merupakan bagian dari upaya dalam menjaga dan memelihara agar keadaan ruas jalan tol Tangerang-Merak dapat berfungsi secara optimal, aman dan lancar sesuai dengan masa pelayanannya, serta untuk mengetahui kondisi jalan tol secara berkesinambungan, jelas Agung.

Dengan uji kekesatan dan kerataaan, papar Agung lagi, akan membuktikan komitmen MMS untuk selalu berupaya menjaga dan memelihara jalan Tol dan penghubungnya demi memberikan kenyamanan dan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014