Serang (AntaraBanten) - Empat daerah di Provinsi Banten sudah mengajukan usulan pelantikan anggota DPRD periode 2014-2019 dan surat keputusannya telah ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Deden Apriandhi Hartawan di Serang, Selasa, mengatakan, hingga saat ini, pihaknya telah memproses empat berkas usulan peresmian pemberhentian anggota DPRD periode 2009-2014 dan pengangkatan anggota DPRD periode 2014-2019 di empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

"Usulan keempat daerah tersebut telah ditandatangani Plt Gubernur dan sebagian telah diterbitkan SK-nya. Karena untuk usulan Kabupaten Tangerang ada perubahan dan usulan Kota Tangsel baru disampaikan ketika akan libur lebaran, maka baru bisa diproses setelah masuk kerja," kata Deden.

Sementara, lima pemerintah daerah yang belum menyampaikan usulan yakni Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Pemprov Banten.

Deden mengatakan, berdasarkan SK Plt Gubernur nomor 171/Keo.285-Huk/2014 tentang peresmian pemberhentian sekaligus pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, pengucapan sumpah janji DPRD direncanakan pada 11 Agustus 2014.

Sedangkan, berdasarkan SK Plt Gubernur nomor 171/Kep-286-Huk/2014 untuk Kabupaten Lebak, pengucapan sumpah janji direncanakan pada 18 Agustus 2014.

"Kalau dua daerah yang baru ditandatangani hari ini, kemungkinan baru mendapatkan nomor SK besok. Tapi, tanggal pengucapan sumpahnya untuk Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel jatuh pada 7 Agustus 2014 atau Kamis ini," katanya.

Sementara, Kasubag Fasilitas Administrasi Kepala Daerah dan DPRD Biro Pemerintahan Provinsi Banten Aria Santana mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota lainnya yang belum menyampaikan usulan untuk segera ditindaklanjuti. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penerbitan SK dari provinsi dan tidak menghambat terhadap jadwal pelantikan DPRD.

"Jangan sampai terlambat mengusulkan, karena bisa menghambat jadwal pelantikan yang sudah dijadwalkan," kata Aria.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014