Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan optimistis rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) bisa direalisasikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

"Kita telah menyusun RPJMD 2011-2016, yang merupakan program kerja selama lima tahun pemerintahan saya dan Wakil Bupati Heryani, dan kami optimistis bisa direalisasikan," katanya di Pandeglang, Provinsi Banten, Selasa.

RPJMD 2011-2016, kata dia, merupakan visi dan misi yang disampaikan pasangan Erwan Kurtubi-Heryani saat berkampanye ketika akan pemilihan bupati dan wakil bupati Pandeglang.

Erwan juga menyatakan, sampai saat ini progres pelaksanaan RPJMD tersebut sudah mencapai 80 persen, dan sisa 20 persen bisa dilaksanakan dalam sisa waktu dua tahun lebih.

"Masa jabatan saya akan habis pada 2016, berarti masih ada waktu dua tahunan lebih untuk menyelesaikan siswa RPJMD yang belum dikerjakan," ujarnya.

Ia menyatakan, dalam RPJMD tersebut tertuang enam misi yang akan dijalankan pemerintah Kabupaten Pandeglang selama lima tahun.

Keenam misi Pandeglang, kata dia, yakni meningkatkan perekonomian daerah berbasi pertanian dan pariwisata, memberdayakan usaha kecil, mikro dan menengah serta koperasi dalam bidang pertanian dan jasa pariwisata serta usaha pendukungnya.

Kemudian, lanjut dia, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang agamis, cerdas, kreatif dan inovatif, meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan masyarakat secara maksimal.

Selanjutnya, meningkatkan pembangunan infrastruktur, khususnya pedesaan serta meningkatkan tata kelola pemerintahan.

Menurut dia, seluruh misi tersebut bisa terwujud kalau ada dukungan kerja sama dari semua pihak terkait, termasuk seluruh masyarakat di Kabupaten Pandeglang.

Sebagai contoh, kata dia, pembangunan Pandeglang dengan berbasis pedesaan yang saat ini sedang dijalankan pemerintah daerah pasti  bisa tercapai dengan kebersamaan semua elemen yang ada di daerah itu.

"Kita ingin menjadikan Pandeglang sebagai daerah mandiri dan berkembang dengan pembangunan bidang agribisnis dan pariwisata berbasis pembangunan pedesaan, dan saya optimistis bisa tercapai kalau ada kebersamaan dan bersinergi," katanya. 

Ia juga menyatakan, jika semua pihak memiliki keinginan yang sama, yakni menjadikan Pandeglang sebagai daerah yang lebih maju dan mewujudkan kesejahteraan rakyat, maka apapun yang dicita-citakan akan tercapai.

"Saya juga mengajak semua pihak untuk menjadikan Pandeglang yang memiliki keunggulan kompetitif menjadi koparatif, yang dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan pembangunan dengan terus meningkatkan ikatan persaudaran dan rasa solidaritas sosial," katanya.

Berbagai latar belakang yang berbeda-beda, kata dia, harus bersatu untuk bersama-sama memajukan Pandeglang guna menciptakan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai perbedaan menjadi penghalang untuk mewujudkan Pandeglang yang bersih, benar dan amanah (bebenah).

Erwan juga mengharapkan bimbingan dan dukungan serta dari para pelaku pembangunan dalam mengatasi berbagai tantangan dalam membangun daerah ini, guna mewujudkan kepentingan dan nilai manfaat bagi bangsa, agama dan negara secara luas.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014