Tangerang (Antara News) - PT Marga Mandala Sakti (MMS) memperkirakan trafik lebaran 2014 naik 6 persen mencapai 1,6 juta kendaraan dibandingkan 2013, puncak mudik terjadi pada H-3 dan puncak balik H+5.


"Kami perkirakan puncak mudik H-3 130 ribu kendaraan, sedangkan puncak balik H+5 123 ribu kendaraan," kata Direktur Operasi dan Teknik MMS Sunarto Sastrowiyoto di Tangerang, Sabtu.

Sunarto mengatakan terkait dengan terjadinya peningkatan trafik MMS telah meningkatkan layanan kepada pengguna jalan dibandingkan dengan lebaran 2013 baik kondisi jalan, gerbang, personal, maupun kendaraan pendukung.

Sunarto didampingi Kadiv Operasi MMS Ega N. Boga mengatakan lebaran kali ini pengguna jalan akan menikmati jalan tiga lajur dari Cikupa sampai Balaraja Barat maupun sebaiknya sepanjang 15 kilometer serta tambahan gardu transaksi di Serang Timur dan Balaraja Barat.

Kemudian untuk kendaraan operasional dan jumlah personil juga ditambah, misalnya personel digerbang tol sebanyak 340 orang, sedangkan pada saat normal 324 orang, kemudian pada tahun 2014 MMS mulai mengoperasikan 2 unit gendong/angkut melengkapi 10 unit kendaraan derek yang dimiliki.

Kemudian Penerangan Jalan Umum (PJU), MMS menambah 1 lokasi lagi pada 2014 dari semula terdapat 3 lokasi, serta kamera CCTV ditambah 11 unit baru sehingga total terdapat 25 unit sehingga memudahkan bagi kita memonitor kondisi jalan, jelas Sunarto.

Ia mengatakan MMS juga terus meningkatkan kemampuan personal untuk transaksi gardu tol sekitar 5 - 11 detik per kendaraan, sedangkan untuk respon terbaik penanganan darurat 12 menit untuk mencapai lokasi, sedangkan target 20 menit.

Sunarto mengatakan MMS juga telah melakukan penambalan (patching) lubang terutama di lokasi yang usia betonnya sudah hampir habis, diluar program rehabilitasi yang diselesaikan tahun 2013.

MMS, jelas Sunarto, juga berkerja sama dengan Kepolisian akan melaksanakan penertiban angkutan bus terutama di Serang Timur dan Cilegon Timur dalam rangka meningkatkan akses di kedia gerbang tersebut.

Ega menambahkan pada Jumat (18/7) juga telah diluncurkan kampanye keselamatan lalu lintas dengan tema "Ayo Mudik Lancar, Aman, dan Nyaman di Tol Tangerang - Merak merupakan bagian dari program "Ayo Aman Berlalu Lintas" PT Astra International Tbk selaku pemegang saham mayoritas MMS.

Berkerja sama dengan AstraWorld dan Auto 2000, MMS juga menyelenggarakan uji emisi kepada 100 kendaraan, serta berkerja sama dengan Metropolitan Express Company Ltd (Shutoko) menyelenggarakan program keselamatan berlalulintas "smart driver".

Pejabat Direktorat Lalu Lintas Mabes Polri AKBP Subono mengatakan dukungan masyarakat dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran lalu lintas seperti bus yang berhenti tidak pada tempatnya, atau menaikan/ menurunkan di sepanjang jalan tol.

"Sesuai Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 Kepolisian dapat melakukan penindakan mulai dari penilangan hingga yang sifatnya represif, tinggal kita menunggu laporan dari masyarakat," ujar Subono. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014