Serang (Antara News) - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP),  produsen petrokimia terintegrasi, menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, kota Serang, Provinsi Banten.


"Beasiswa dan ikatan dinas diberikan kepada lima mahasiswa Untirta yang berprestasi untuk tingkat strata satu (S1) sampai dengan selesai,  terdiri dari tiga orang dari Fakultas Teknik dan dua orang dari fakultas non teknik," kata Direktur HR dan Corporate Administration CAP, Suryandi saat dihubungi di Serang, Minggu.

Pemberian beasiswa ini dituangkan dalam  Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatangani Direktur HR dan Corporate Administration CAP, Suryandi  dan Rektor Untirta Prof DR H Sholeh Hidayat.

Suryandi mengatakan, pemilihan kelima mahasiswa ini sudah melalui tahap seleksi yang ketat guna menyesuaikan dengan standard yang berlaku di dunia usaha.

Suryandi mengatakan, pemberian bea siswa merupakan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta pendidikan secara umum di Indonesia.

Selain memberikan beasiswa dengan ikatan dinas bagi mahasiswa yang berasal dari Cilegon dan Serang, kerjasama antara CAP dan Untirta ini juga untuk meningkatkan kapasitas dosen atau tenaga pengajar di Untirta.

"Kerjasama ini diharapakan akan saling menguntungkan serta menjadi salah satu contoh kolaborasi positif antara dunia usaha dan lembaga pendidikan di Indonesia," katanya.

Hasil kerjasama ini, ungkap Suryandi, akan mendorong perguruan tinggi menyalurkan dan mengaplikasikan hasil penelitian dan teknologi tepat guna dalam dunia usaha.

Di sisi lain, dukungan berupa riset, konsultasi dan pelatihan juga akan mampu mendorong kemajuan industri petrokimia nasional, khususnya bagi CAP, ujarnya.

Selain dengan Untirta, CAP juga telah melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung dalam bentuk yang sama, yakni link and match dunia pendidikan dengan dunia usaha. Bentuk kegiatannya meliputi pemberian beasiswa dan riset serta kegiatan ilmiah lainnya.  

Dalam bidang pendidikan, CAP juga membina sejumlah sekolah baik tingkat dasar, sekolah menengah tingkat pertama dan sekolah menengah tingkat atas di sekitar lokasi pabrik.

Pembinaan yang dilakukan diantaranya bantuan biaya pendidikan, pengembangan teknologi robotika dan peningkatan kapasitas tenaga pengajar.

Suryandi berharap melalui kerjasama ini perseroan dapat memberikan kontribusi posistif bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, sekaligus dunia usaha di Indonesia. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014