Lebak (AntaraBanten) - Permintaan pepaya California hasil produk petani Kabupaten Lebak, Banten, mengalami peningkatan menjelang bulan suci Ramadhan 2014.   

"Kami kewalahan melayani permintaan konsumen dari Kota Rangkasbitung dan daerah lain," kata Samad, seorang pedagang buah-buahan di Pasar Rangkasbitung, Sabtu.

Ia mengatakan, semua pepaya California itu didatangkan dari petani di sejumlah daerah di Kabupaten Lebak.

Kualitas pepaya California Lebak cukup bagus sehingga permintaan pasar relatif tinggi, terlebih menjelang Ramadhan.

Bahkan, pendapatan naik dua kali lipat dari 100 kilogram menjadi 300 kilogram.

Saat ini, kata dia, harga pepaya California bervariasi antara Rp8.000 - Rp10.000/kilogram.

"Semua pepaya California itu dipasok petani Lebak dan tidak mendatangkan dari luar daerah," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pepaya produk petani Kabupaten Lebak cukup melimpah dan kualitasnya cukup bagus, selain manis rasanya, buahnya tebal dan tahan lama.

Dengan begitu, kata dia, permintaan pepaya California bukan hanya warga Rangkasbitung saja, tetapi banyak yang datang dari luar daerah.

"Kami berharap petani terus mengembangkan pepaya kualitas bagus itu dan menguntungkan bagi pedagang," ujarnya.

Begitu pula, kata Kosim, seorang pedagang buah-buahan di Jalan Sunankalijaga Rangkasbitung mengaku selama ini omset pendapatan pepaya California mengalami kenaikan menjelang Ramadhan hingga mencapai 90 persen, padahal sebelumnya hanya 60 persen.

Permintaan pepaya California produk petani Lebak cukup tinggi untuk kebutuhan konsumsi keluarga maupun bahan campuran makanan dan minuman.

"Saya kira kualitas pepaya California memiliki nilai jual karena rasanya manis," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Dede Supriatna mengatakan, saat ini petani di sejumlah kecamatan mulai menggeliat mengembangkan budidaya tanaman pepaya California.

Selain itu, pemerintah daerah mengajak petani agar mengembangkan pepaya California karena permintaan pasar cukup tinggi.

Saat ini, petani pepaya California bisa memasok puluhan ton per minggu ke wilayah Rangkasbitung, Serang, Cilegon dan  Jakarta.

"Kami menerima laporan keunggulan pepaya California diminati konsumen karena buahnya tebal, rasanya manis dan beraroma juga tahan lama serta memiliki kandungan vitamin cukup tinggi," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014