Bertepatan pada peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW  atau 27 Rajab 1443 Hijriah di Masjid Banten Lama di Kota Serang dibatasi hingga 50 persen.

Pada momen tersebut pengunjung tidak hanya dari pelosok wilayah Provinsi Banten, namun juga dari berbagai kota di luar Banten.

"Pengunjung yang datang dari berbagai daerah, baik dalam dan luar daerah Tangerang, seperti Bandung," ucap Wakil kenadziran, Tubagus Ofa Mushofa Al Abbas, Senin (28/2/2022).

Ia menjelaskan, terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 pihaknya membatasi 50 persen kapasitas pengunjung. Sedangkan pengunjung yang ingin masuk ke makam untuk berziarah dibatasi sebanyak 25 persen.

Para pezirah kata dia, harus mematuhi protokol kesehatan dan memiliki sertifikat vaksin sebagai syarat untuk masuk ke komplek makam Sultan Hasanudin.

"Bagi yang tidak menggunakan makser dan tidak memiliki sertifikat vaksin akan dikasih teguran," kata Tubagus.

Selain itu lanjutnya, petugas juga menyiapkan masker di pintu luar dan dalam komplek makam Sultan Hasanudin.

Sementara itu, untuk mengantisipasi menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan,  membludaknya wisatawan di bulan ruwah (Sya'ban) pihaknya akan mensosialisasikan ke media sosial terkait peraturan yang diberlakukan.

"Bulan Ramadhan sepi pengunjung dibanding bulan-bulan yang lain, dalam 1 tahun ramainya di 3 bulan yakni Rajab, Ruwah dan Syawal," ujarnya.





 

Pewarta: Fatimah

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022