Serang (AntaraBanten) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten akan memprioritaskan usulan tenaga teknis pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014, karena masih kekurangan pegawai untuk tenaga teknis.

Kepala BKD Provinsi Banten Kurdi Matin di Serang, Kamis, mengatakan meskipun saat ini belum ada pemberitahuan dari pemerintah pusat mengenai kuota rekruitmen CPNS tahun 2014 ke daerah. Namun, Pemprov Banten memastikan pada rekuitment CPNS tahun ini, akan mengusulkan kebutuhan formasi CPNS ke Kemenpan dan Reformasi Birokrasi untuk kategori tenaga teknis seperti analisis kepegawaian, auditor, tenaga teknis bidang Pekerjaan Umum, bidang Pertanian, tenaga teknis pertanahan, dan analisis kearsipan.

"Banten masih kekurangan tenaga teknis, karena itu pada tahun ini kita tidak membuka lowongan untuk kategori umum," kata Kurdi Matin.

Menurut dia,  BKD Banten belum mengusulkan kuota CPNS 2014, karena usulan CPNS tersebut masih menunggu ajuan dari Biro Organisasi. Biro Organisasi sebelum mengusulkan kuota CPNS harus melakukan kajian berdasarkan analisis beban kerja (ABK) pegawai yang dibutuhkan oleh Pemprov Banten. 


Ia mengatakan, dengan ABK tersebut diharapkan setiap pegawai memiliki beban kerja yang sebanding dengan 'output'. Setelah, ABK tersebut disiapkan, maka kuota CPNS bisa diusulkan ke BKD, kemudian BKD Banten mengajukan ke pemerintah pusat.

"Ketika ditanya oleh publik dalam mengajukan usulan CPNS, kita sudah memiliki lampiran ABK pegawai," kata Kurdi.

Ia mengatakan, jika dilihat dari ABK, saat ini Banten masih kekurangan pegawai. Seharusnya satu kepala seksi dibutuhkan tiga hingga empat orang staf, namun sejauh ini masih banyak kepala seksi yang memiliki satu orang staf di beberapa SKPD.

Oleh karena itu, kata dia, pada tahun ini Pemprov Banten akan mengusulkan formasi CPNS ke pusat.

"Jumlah pegawai yang ada di Pemprov Banten sekitar 4.000 PNS yang tersebar di 43 SKPD," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014