Tangerang, (Antara) - Kota Tangerang kembali mendapatkan penghargaan Adipura Kencana untuk katagori Kota Metropolitan.

Penghargaan bergengsi di bidang lingkungan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono yang diterima  Wali Kota Tangerang Arief R.Wismansyah pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Istana Wakil Presiden, Jl Kebon Sirih Jakarta Pusat, Kamis.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Dewan Pertimbangan Adipura, kota Tangerang meraih penghargaan Adipura Kencana kategori kota metropolitan bersama Kota Surabaya dan Kota Palembang.

Penghargaan Adipura Kencana ini merupakan penghargaan kedua kalinya setelah sebelumnya penghargaan Adipura Kencana telah diterima oleh Kota Tangerang.

"Diraihnya Penghargaan Adipura Kencana ini merupakan hasil kerja keras Pemkot beserta seluruh pihak dan masyarakat kota Tangerang dalam menjaga dan merawat lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. Karenanya saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur dan masyarakat yang terus bersinergi dalam menjalankan berbagai program Pemkot seperti membangun pola hidup bersih dan sehat (PHBS), program penghijauan, Tangerang bersih, Jum'at bersih dan lainnya," Kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai menerima penghargaan.

Arief menuturkan, penghargaan bukanlah merupakan tujuan, namun yang lebih penting adalah terbangunnya sebuah kesadaran masyarakat dalam membangun lingkungan yang bersih, hijau dan nyaman.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah menjaga kebersihan lingkungan sehingga kota Tangerang kembali meraih penghargaan Adipura Kencana," katanya.

Kementerian Lingkungan Hidup telah menetapkan 101 Kabupaten dan Kota se-Indonesia sebagai penerima Anugrah Adipura Tahun 2014 dengan katagori kota Metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil.

Khusus penerima Adipura Kencana hanya diraih oleh kota Tangerang, kota Surabaya dan kota Palembang dengan katagori kota Metropolitan.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota langsung disambut oleh Wakil Wali Kota, Sachrudin beserta pejabat, aparatur, anak sekolah dan masyarakat di sepanjang jl.M.Thamrin Kebon Nanas untuk menuju Masjid Raya al AAdzom guna melakukan sholat berjamaah.

Hal tersebut sebagai ungkapan rasa syukur bahwa kota Tangerang telah berhasil mempertahankan Adipura Kencana.

Setelah itu, Wali Kota, Wakil Wali Kota, aparatur Pemkot, para petugas kebersihan dan elemen masyarakat langsung melakukan arak-arakan ke beberapa titik wilayah di kota Tangerang  yang dimulai dari JL.MH Thamrin, Jl.Jend.Sudirman, Benteng Betawi, Jl Maulana Hasanudin, Jl.Hasyim Ashari dan wilayah lainnya.   

Diharapkan dengan arak-arakan ini masyarakat juga mengetahui bahwa penghargaan Adipura Kencana merupakan hasil dari kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih, hijau dan nyaman sehingga nantinya kebiasaan ini dapat dijadikan budaya masyarakat kota Tangerang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014