Sebanyak 86 pasien keracunan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dinyatakan sembuh dan mereka sudah pulang ke rumah untuk berkumpul bersama anggota keluarga.
 
Kepala Puskesmas Cijaku Kabupaten Lebak Susilo Supriyanto di Lebak, Minggu menyampaikan sampai pukul 19.00 WIB, jumlah keseluruhan pasien keracunan yang menjalani rawat inap sebanyak 98 pasien.

Baca juga: Tiga warga diduga keracunan di Lebak dirujuk ke RSUD Malingping
 
Namun, sebanyak 86 pasien dinyatakan sembuh dan mereka sudah pulang, sedangkan yang hingga kini masih menjalani perawatan intensif dan observasi 9 pasien.
 
Sementara pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping tiga orang dan 75 pasien menjalani rawat jalan.
 
"Seluruhnya warga Cijaku yang keracunan itu sebanyak 172 pasien," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, puluhan warga Cijaku yang menjalani rawat inap di Puskesmas Cijaku pada Jumat (21/1).
 
Mereka mengalami gejala keracunan seperti pusing, mual dan muntah setelah makan nasi kotak acara syukuran toko bangunan di Cijaku.
 
Namun demikian, pihaknya hingga kini belum menerima laporan korban jiwa," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan pihaknya sudah mengambil sampel makanan dari nasi kotak dan sampel tinja warga yang keracunan makanan sudah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah.
 
Kemungkinan bisa diketahui penyebab keracunan itu dari hasil pemeriksaan laboratorium yang keluar pada Selasa (25/1).
 
"Kami sekarang mengutamakan pelayanan sembilan pasien yang dirawat inap itu segera sembuh dan bisa besok pulang," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022