Kanwil DJP Banten di awal tahun 2022 melakukan pencanangan Zona Integritas-Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala Kanwil DJP Banten Dionysius Lucas Hendrawan dalam sambutannya mengatakan bahwa budaya ZI-WBK selama ini sudah dilaksanakan oleh segenap pimpinan dan jajaran pegawai di Kanwil DJP Banten.

Baca juga: Awal Tahun, Kanwil DJP Banten Serahkan Tersangka Pengemplang Pajak

"Pencanangan yang dilakukan merupakan penegasan dan pengingat bagi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJP Banten agar terus meningkatkan budaya baik yang selama ini sudah dilaksanakan", ujurnya.
Kanwil DJP Banten di awal tahun 2022 melakukan pencanangan Zona Integritas-Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). (Foto Antara/Fadzar Ilham)


Selain itu menurutnya Pencanangan ZI-WBK sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 10 Tahun 2019 adalah sebagai salah satu bentuk komitmen telah dilakukannya proses manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja di lingkungan Kanwil DJP Banten.

"Dalam rangkaian kegiatan pencanangan ZI-WBK juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas yang secara simbolis diwakili oleh beberapa pegawai dan kemudian diikuti oleh seluruh pegawai", ungkapnya.

Kegiatan Pencanangan ZI-WBK merupakan salah satu tahapan awal yang sangat penting dalam proses pembangunan ZI-WBK yang meliputi pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan.

"Pada akhirnya tujuan dari pencanangan ZI-WBK ini adalah terbangunan ZI-WBK di lingkungan Kanwil DJP Banten melalui pembangunan sistem, manusia, dan budaya organisasi", katanya.

Menurutnya Komitmen yang kuat dari pimpinan dan seluruh jajaran di Kanwil DJP Banten untuk mewujudkan institusi yang bersih dan melayani melalui Zona Integritas menjadi sebuah keniscayaan, sehingga cita-cita menjadi zona integritas tidak hanya sebatas angan dan pencitraan belaka.

Pewarta: Fadzar Ilham

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022