Tangerang, (Antara) - Ribuan petugas kebersihan di Kota Tangerang, Banten, yang terdiri dari penyapu jalan, pemulung dan pengangkut sampah, mendapatkan cek kesehatan gratis dari Pemkot.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Jumat, mengatakan cek kesehatan akan dilakukan secara rutin setiap bulannya.

"Kita ingin petugas kebersihan selalu dalam kondisi sehat. Apalagi, tugasnya sangat berat yakni di lapangan dan bersentuhan dengan sampah maupun debu. Jadi, perlu di cek kesehatannya secara berkala," kata Arief saat meninjau pelaksanaan cek kesehatan di TPA Rawa Kucing

Ia menambahkan nantinya di setiap puskemas akan membuat pos cek kesehatan untuk melayani petugas kebersihan.

Sebab, tidak semuanya petugas kebersihan melakukan pengecekan di TPA Rawa Kucing. Maka itu, dinas kesehatan untuk mengkoordinir puskesmas membuka pos cek kesehatan.

"Segala kebutuhan petugas mulai dari pengecekan hingga obat - obatan. Jika ada yang penyakit kronis, maka akan langsung diberikan rujukan ke RSUD," katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang Ivan Yudianto, menuturkan terdapat 1.700 petugas kebersihan dan 335 pemulung dari masyarakat sekitar.

Untuk permulaan, terdapat 12 tenaga medis yang diterjunkan oleh dinas kesehatan untuk membantu melakukan pemeriksaan petugas kebersihan.

"Kita sudah informasikan kepada petugas lapangan untuk mengecek kesehatannya. Semuanya gratis," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014