Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten menyalurkan bantuan bibit ikan dan makanan olahan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Ma'Had Tarbyatul Mubtabadiin di Desa Pasirnangka, Kecamatan Tigaraksa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Kamis mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah (Pemda) setempat kepada pondok pesantren, yang mana kegiatan itu juga merupakan salah satu dalam program unggulan Tangerang Religius.

Baca juga: Pemkot kirim bantuan hasil donasi pegawai untuk warga terdampak Semeru

"Bantuan ini merupakan salah satu bukti bahwa pemda serius dan peduli terhadap keberadaan pondok pesantren di Kabupaten Tangerang," katanya.

Ia menuturkan, dalam pemberian bantuan itu sebanyak 100 pcs makanan olahan ikan, siomay 100 pcs, nugguet 100 pcs dan otak-otak sebanyak 100 pcs telah diberikan pihaknya kepada para santri Ponpes.

"Sedangkan untuk bibit ikan yang diserahkan antara lain seperti ikan lele 500 ekor, emas 500 ekor dan ikan nila sebanyak 500 ekor," tuturnya.

Menurut dia, pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa yang tidak hanya mendalami aspek keagamaan, tetapi juga diajarkan tentang kemandirian melalui pemberdayaan ketrampilan para santrinya.

"Selain mengajarkan aspek religius, ponpes terus memberikan pendidikan kesehatan, ketrampilan dan pemberdayaan lingkungan sehingga pada akhirnya para santri memiliki bekal yang cukup untuk bisa mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Jaenudin menambahkan bahwa bantuan bibit ikan dan makanan olahan ikan ini, ditujukan untuk meningkatkan asupan gizi para santri di Ponpes-ponpes yang ada.

"Kita berikan bibit ikan lele, nila dan ikan emas untuk dibudidayakan di lingkungan ponpes sebagai nilai tambah dan bisa untuk dikonsumsi para santri," kata dia.

Pimpinan Pondok Pesantren Ma'had Tarbyaul Mubtadin, KH Uwes Nawawi menyampaikan terimakasih kepada jajaran Pemkab Tangerang yang telah memberikan bantuan makanan olahan dan bibit ikan untuk para santri di pesantrennya.

"Terimakasih kepada Sekertaris Daerah dan Kepala Dinas Perikanan sudah menyempatkan waktu berkunjung di pondok pesantren yang sederhana ini untuk memberikan bantuan berupa bahan olahan dan juga bibit ikan lele, ikan mas dan ikan lele yang Insya Allah bermanfaat", kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022