Dua desa di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menjadi proyek percontohan United States for International Development (USAID) Program MOMENTUM untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.
 
"Tahun ini, dua desa itu angka kematian ibu dan bayi ada dua kasus atau menurun dibandingkan tahun 2020yang  tercatat empat kasus kematian ibu," kata Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas) Cisimeut Kabupaten Lebak Dede Herdiansyah saat sosialisasi proyek percontohan USAID program MOMENTUM di Desa Cisimeut Raya, Jumat.


Baca juga: Anggota DPD RI apresiasi semangat kebersamaan masyarakat Badui, Lebak
 
Ia mengaku pihaknya akan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di dua desa, yakni Desa Cisimeut Raya dan Cisimeut, sebab kedua desa tersebut menjadi proyek percontohan USAID program MOMENTUM.
 
Program MOMENTUM tersebut, SDM tenaga medis harus ditingkatkan, juga dilengkapi sarana fasilitas kesehatan. Para petugas medis juga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas sekaligus mampu menangani persalinan ibu hamil ( bumil).
 
Saat ini, ujar dia, di wilayah kerjanya di enam desa, termasuk masyarakat Badui Desa Kanekes tercatat sebanyak 589 ibu hamil.
 
Dengan demikian, pihaknya memfokuskan untuk penanganan kesehatan bagi ibu hamil secara berkala, juga dilakukan pemantauan oleh tenaga medis setempat.
 
Selain itu, juga melibatkan peran musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) setempat mulai dari Kepala Desa, Camat, Polsek dan Koramil.
 
Peran serta Muspika itu dapat mengoptimalkan sosialisasi dan mengedukasi pentingnya kesehatan ibu hamil dan bayi agar tidak menimbulkan kematian.
 
Begitu juga peran aktif elemen masyarakat, mulai tokoh masyarakat, pemuka agama, relawan Posyandu hingga organisasi kemasyarakatan setempat dapat membantu dan memfasilitasi terhadap pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi, dimana saat ini kasus kematian ibu dan bayi di Tanah Air masih kategori tinggi.
 
 
"Kita berharap proyek percontohan USAID di sini dapat membebaskan ibu dan bayi dari kematian," katanya.
 
Pihaknya menyambut baik proyek percontohan USAID program MOMENTUM untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir, sehingga terwujud masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo.
 
Saat ini, kata dia, para petugas mengoptimalkan pelayanan kesehatan, terutama ibu hamil agar dalam persalinan kondisinya sehat. "Kami mengerahkan pelayanan optimal di dua desa itu agar tidak ada kasus kematian ibu dan bayi baru lahir," tuturnya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021