Jakarta (Antara News) - Seven Eleven, jaringan toko kelontong (convenience store) di Indonesia akan mengembangkan makanan sehat khas nusantara dalam upaya mendukung gaya hidup sehat masyarakat di kota-kota besar.

"Sebagian sudah tersaji di cabang-cabang Seven Eleven, dan sebagian lagi akan menyusul," kata  Direktur Komersial Seven Eleven Indonesia (Sevel), Ivan Budiman, di Jakarta, Kamis.

Ivan mencontohkan, salah satu inovasi baru yang sedang dikembangkan Sevel adalah produk nasi jagung. Pengembangan produk itu sejalan dengan program pemerintah yang mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat alternatif selain nasi.

"Di beberapa kota saat ini sedang gencar dilakukan kampanye ‘One Day No Rice’ atau sehari tanpa nasi. Kampanye itu mengilhami kami untuk mengembangkan produk nasi jagung tadi,” jelasnya.

Selain makin besarnya kesadaran dan minat terhadap makanan sehat, menurut Ivan,  masyarakat juga kian berminat terhadap menu-menu makanan khas nusantara. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya ragam kuliner khas dari berbagai daerah yang ditawarkan di berbagai pusat jajanan, mulai dari food court hingga restoran di hotel-hotel berbintang.

"Sejalan dengan minat yang tinggi terhadap kuliner nusantara, kami juga mengembangkan beberapa produk khas nusantara, antara lain Nasi Goreng Jawa," kata Ivan lagi.

Ivan menambahkan, pengembangan produk-produk makanan baru yang lebih mengutamakan aspek kesehatan dan ciri khas nusantara itu akan terus menjadi salah satu prioritas Sevel. Dengan demikian nantinya Sevel akan menjadi tujuan para peminat menu makanan sehat khas nusantara

Menurut dia, tingginya aktivitas kehidupan di kota-kota besar mendorong masyarakat menyadari pentingnya gaya hidup sehat, termasuk dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tren gaya hidup sehat ini membuka peluang sekaligus tantangan baru bagi industri kuliner di Indonesia.

"Gaya hidup sehat yang dimulai dari makanan sehat juga menjadi fokus perhatian kami dalam mengembangkan produk-produk kuliner baru," ujar Ivan.

Menurut Ivan, masyarakat semakin menyadari pentingnya pola hidup yang berimbang, yaitu kesibukan sehari-hari yang tinggi diimbangi oleh pilihan konsumsi makanan yang sehat. Dengan demikian bisnis kuliner yang mampu menawarkan berbagai alternatif makanan sehat akan mendapatkan tempat yang kuat di tengah ketatnya persaingan bisnis.

"Karena itu kami juga terus melakukan berbagai inovasi dengan menawarkan produk-produk baru berupa makanan sehat dengan kualitas yang selalu terjaga,” tegas Ivan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014