Pemerintah Provinsi Banten optimistis dua tahun ke depan produksi ikan budi daya maupun ikan tangkap surplus dan tidak dipasok dari luar daerah.

"Kami meyakini produksi ikan melimpah dan surplus, " kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Banten Eli Suyanti saat dihubungi di Lebak, Kamis.

Baca juga: Kadisnakertrans Lebak monev kegiatan budidaya ikan koi
 
Pemerintah Provinsi Banten bekerja keras untuk mengembalikan daerah ini sebagai produsen ikan dan bisa memasok ke luar daerah.
 
Selama ini, produksi ikan tangkap dan ikan budi daya sebanyak 300 ribu ton / tahun, sedangkan kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Banten 500 ribu ton/ tahun.
 
Karena itu, kata dia, kebutuhan konsumsi ikan kekurangan 200 ribu ton terpaksa mendatangkan ikan dari luar daerah untuk memenuhi permintaan masyarakat Banten.
 
Untuk meningkatkan produksi ikan, kata dia, Pemerintah Provinsi Banten tahun ini merealisasikan revitalisasi ikan tangkap di Binuangeun Kabupaten Lebak dan Cikeusik Kabupaten Pandeglang.
 
Revitalisasi infrastruktur tersebut dengan membangun tempat pelelangan ikan tangkap sehingga dapat menampung hasil tangkap dengan jumlah besar.
 
Selain itu juga berbagai sarana bantuan alat tangkap dan kapal kepada nelayan di Provinsi Banten.
 
Potensi produksi ikan tangkap di Provinsi Banten luar biasa dengan memiliki pantai cukup panjang dan kualitas ikan terbaik di dunia, karena terdapat Perairan Samudera Hindia.
 
"Kami tentu sangat konsen terhadap peningkatan produksi ikan tangkap," kata Eli.
 
Menurut dia, Pemerintah Provinsi Banten juga menyebarkan bantuan benih kepada peternak pembudidaya ikan.
 
Penyebaran bantuan itu dari Balai Benih Curug Barang milik Pemerintah Banten dengan menyalurkan sebanyak 6 juta benih dan telur.
 
Bantuan penyebaran ikan itu jenis emas, gurame, patin, lele, nila, dan mujaer.
 
Mereka penerima bantuan ikan juga mendapatkan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan penerapan sikap dan ketrampilan ( PSK), sehingga memiliki sumber daya manusia ( SDM).
 
Para pembudidaya ikan itu mengembangkan ikan di kolam, sawah, keramba, tambak.0
 
"Kami berkomitmen setiap tahun terus mengalokasikan anggaran untuk bantuan budi daya ikan tawar itu," ujarnya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021