Anak-anak usia enam sampai 11 tahun di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mulai mendapat suntikan vaksin COVID-19 pada Selasa.

Vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun mulai dilaksanakan di lima sekolah dasar (SD) di Kabupaten Tangerang, yakni SDN 1 Tigaraksa, SD Syafana Bojong Nangka, SD Islamic Kelapa Dua, SD Gita Bangsa Panongan, dan SDN 14 Medang.

Baca juga: Kota Tangerang laksanakan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun

"Hari ini ada lima sekolah yang menggelar vaksinasi, kurang lebih targetnya itu 5.000 atau satu sekolah 1.000 targetnya. Nanti secara bertahap kita akan gelar di seluruh SDN, SD swasta dan juga madrasah," kata  Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar usai memantau pelaksanaan vaksinasi di SDN 14 Medang, Kecamatan Pagedangan.

Menurut dia, jumlah anak usia enam sampai 11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang seluruhnya sekitar 180 ribu orang.

Bupati menjelaskan, vaksinasi COVID-19 dilakukan juga pada anak-anak untuk meningkatkan kekebalan mereka terhadap serangan virus corona serta meminimalkan risiko penularan virus pada masa pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

"Insya Allah nanti kalau tidak ada lonjakan kasus di bulan Januari-Februari durasi pembelajaran tatap muka kemungkinan akan ditambah lagi di Kabupaten Tangerang," katanya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun dilaksanakan sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan.

"Tidak perlu khawatir, karena ini tentunya untuk kesehatan kita bersama. Dan bila ada gejala seperti demam tentunya itu adalah efek umum bila menjalani vaksinasi, dan bisa segera diberikan parasetamol atau menghubungi nomor nakes (tenaga kesehatan) yang nantinya tertera di surat vaksin untuk tindak lanjut," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021