Tangerang, (Antara)  -Pemerintah Kota Tangerang, Banten, melalui Badan Keswadayaan Masyarakt (BKM) mendata jalan - jalan lingkungan yang belum dikonblok atau belum diberi batu.

"Jalan lingkungan yang belum dikonblok di setiap kelurahan agar segera didata dan akan segera dikerjakan," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Arief menjelaskan, tujuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang kegiatannya dilakukan oleh BKM sangat selaras dengan komitmen Pemkot Tangerang untuk mengentaskan kemiskinan.

Oleh karenanya sinergitas Pemkot dengan BKM diharapkan mampu memenuhi target pembangunan Mellenium Development Goals (MDGs).

"Kegiatan BKM bukan hanya pavingblok jalan aja, tapi bisa juga kebutuhan masyarakat lainnya seperti bedah rumah, membuat saluran air, membuat resapan, penataan lingkungan dan lainnya," ujarnya.

Wali kota juga meminta agar diadakan pelatihan bagi anggota BKM, sehingga mereka mempunyai kompetensi yang mumpuni dalam melakukan berbagai kegiatan pembangunan khususnya dalam program pengentasan kemiskinan. "Kedepannya harus ada pelatihan," pungkasnya.

Ketua Forum PNPM Kota Tangerang Edi Muadi mengatakan kegiatan PNPM Perkotaan difokuskan pada pengembangan BKM yang akuntabel dengan membangun komunikasi dan koordinasi.

Terkait dengan kegiatan PNPM Perkotaan Kota Tangerang di tahun 2014, Edi menambahkan, PNPM Kota Tangerang telah mendapatkan alokasi dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp12,5 miliar.

"Anggaran itu nantinya akan dipakai oleh kegiatan dan dilaksanakan oleh 104 BKM yang ada di Kota Tangerang," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014