Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mendirikan pos pelayanan vaksinasi di Pasar Rangkasbitung guna mempercepat kekebalan komunal ( herd immunity).

"Kami berharap pos pelayanan itu untuk kemudahan masyarakat yang hendak berbelanja di Pasar Rangkasbitung dapat menjalani vaksinasi, " kata Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabi Lebak Dedi Setiawan di Lebak, Jumat.

Baca juga: Polres Lebak tangkap tiga pembacok siswa hingga meninggal di Gunung Kencana

Pos pelayanan vaksinasi di Pasar Rangkasbitung tersebut terdapat tiga tenda besar dan menampung puluhan orang terdiri dari tim medis dan masyarakat.

Ketiga tenda besar pos pelayanan vaksinasi itu beroperasi Kamis (25/11) sampai Rabu (1/12) itu tersebar di depan SD Mardi Utomo, Stasiun Rangkasbitung dan Gereja Terminal Sunan Kalijaga Rangkasbitung.

Pos pelayanan vaksinasi itu menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Kartini di tenda depan Gereja Terminal Sunan Kalijaga, RSUD Ajidarmo depan Stasiun Rangkasbitung dan Rumah Sakit Misi serta Puskesmas depan SD Mardi Utomo Rangkasbitung.

Mereka tim medis di tenda pos pelayanan vaksinasi bekerja selama 24 jam dan didampingi oleh petugas pengamanan.

"Kami mengapresiasi minat warga cukup tinggi untuk menjalani vaksinasi itu, " katanya menjelaskan.

Petugas pelayanan vaksinasi di tenda SD Mardi Utomo Rangkasbitung Iis mengatakan masyarakat yang sudah divaksin COVID-19 di sini mencapai 404 orang dan mereka bukan hanya pengunjung pasar saja, tetapi terdapat warga luar Kabupaten Lebak.

"Kita memberikan pelayanan vaksinasi itu hanya melengkapi identitas KTP-EL saja dan bukan khusus untuk pengunjung Pasar Rangkasbitung," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah mengatakan tiga pos pelayanan vaksinasi di Pasar Rangkasbitung tersebut untuk mengejar target cakupan vaksinasi hingga Desember mencapai 70 persen atau 700 ribu jiwa dari target sasaran satu juta jiwa.

Saat ini, kata dia, cakupan vaksinasi baru terealisasi 550 ribu jiwa.

"Kami optimistis dengan mendirikan pos pelayanan vaksinasi di Pasar Rangkasbitung dapat terealisasi cakupan vaksinasi hingga 70 persen itu, " katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021