Bupati Tangerang, Banten Ahmed Zaki Iskandar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melahirkan nilai-nilai kepahlawanan terutama dalam semangat memperjuangkan bangsa Indonesia dalam memperingati hari pahlawan nasional 10 November 2021 ini.

"Di hari pahlawan ini, kita harus melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial, serta menguatkan bangsa," kata Bupati A Zaki dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Arya Wangsakara, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu.

Baca juga: Guru SD-SMP di Kota Tangerang diharap miliki terobosan metode belajar

Ia mengatakan, nilai-nilai yang diimplementasikan oleh para pejuang atau pahlawan dalam kesehariannya lebih mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi.

"NKRI tidak akan berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat tanpa adanya perjuangan dan komitmen para pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini," katanya.

Oleh karenanya, dirinya mengajak masyarakat dan semua pihak untuk menghidupkan kembali  nilai-nilai keteladanan dalam menerapkan perilaku sehari-harinya.

"Masyarakat diharapkan untuk merefleksikan kembali tentang tekad para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan ini," ujarnya.

Mnurut Zaki, untuk menjadikan pahlawan sebagai inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat dinilai sangat tepat. Karena sikap-sikap yang diterapkan oleh para pahlawan sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UU Negara Republik Indonesia (NRI) tahun 1946 serta Bhinneka Tunggal Ika.

"Semua ini merupakan kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengajak semua masyarakat memaknai Hari Pahlawan sebagai momentum untuk menggugah kesadaran akan persatuan.

"Tema Hari Pahlawan kali ini adalah 'Pahalawanku Inspirasiku'. Ini tema yang mendorong kita semua menjadikan para pahlawan sebagai role model atau inspirasi," katanya.

Dikatakan Wahyu, hal yang dapat diinspirasi dari sosok pahlawan adalah semangat berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

Semangat itulah, lanjut Wahyu, harus dijadikan inspirasi bagi segenap elemen masyarakat untuk bahu-membahu berjuang untuk bangsa dan negara.

"Salah satunya berjuang bersama menanggulangi pandemi COVID-19," kata dia.

Kemudian, dalam kegiatan memperingati Hari Pahlawan Nasional itu, hadir Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Khalid Ismail, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, dan Wakapolres Tangerang Selatan Kompol Lalu Hedwin.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021