Jakarta, (Antara) - Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) mengungkapkan masih banyak perusahaan yang belum memanfaatkan jasa psikolog.

"Fungsi psikolog dalam sebuah perusahaan sangat penting. Bukan hanya bertugas pada bagian penerimaan pegawai tetapi juga pengembangan perusahaan," kata Ketua Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi wilayah Jakarta, Bertina Sjabadhyni seusai acara Konferensi APIO V di Universitas Mercu Buana Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, sebenarnya banyak perusahaan yang mengetahui fungsi psikolog namun masih minim kesadaran untuk menggunakannya.

Masalahnya adalah karena honor untuk seorang psikolog yang besar, lanjutnya, walaupun jasa psikolog di perusahaan besar telah digunakan.

Fungsi psikolog dalam perusahaan adalah untuk membantu karyawan dalam memotivasi bekerja serta membantu pimpinan dalam mengembangkan usaha.

Apalagi, untuk perusahaan konveksi atau garment yang karyawannya hingga ribuan. Perlu bimbingan psikolog agar karyawan tidak bekerja dalam tekanan namun menikmatinya.

"Psikolog berperan untuk membantu karyawan nyaman, tidak semata - mata bekerja saja," ujarnya.

Terkait hal itu, lanjut Berti, APIO akan mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan psikolog dalam bagian terpenting pengembangan suatu perusahaan atau lembaga. "Sebab, psikolog masuk ke semua sektor," ujarnya.

Dekan Fakultas Psikolog Universitas Mercu Buana, Anwar Prabu Mangkunegara menambahkan, seorang psikolog memiliki fungsi secara global. Karena, mampu membantu orang di perusahaan atau lembaga untuk mencari solusi.

"Terkadang ada masalah antar karyawan dan pimpinan. Psikolog berperan sebagai jembatan dan memberikan solusi," ujarnya.

Anwar pun memastikan bila perusahaan atau lembaga yang diisi dengan seorang psikolog, maka akan berkembang dan maju. "Sebab, psikolog membantu peran pengembangan," tukasnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013