Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengantisipasi gelombang ketiga penyebaran pandemi COVID-19 dengan mengoptimalkan vaksinasi untuk semua kalangan masyarakat. 

"Kita bekerja keras agar semua masyarakat dapat divaksinasi," kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di Lebak, Rabu.

Baca juga: 300 personel TNI di Kabupaten Lebak siaga hadapi dampak La Nina

Pemerintah Kabupaten Lebak mengapresiasi kasus COVID-19 di daerah ini menurun drastis.

Penurunan kasus COVID-19 tersebut karena keberhasilan masyarakat menjalani vaksinasi. Vaksinasi bermanfaat untuk mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus itu.

Saat ini, angka kasus COVID-19 hingga Rabu ini, tercatat 25 orang, di mana semua menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan satgas desa, kelurahan, dan puskesmas.

Selama beberapa bulan terakhir ini, tren kasus COVID-19 di daerah itu mengalami penurunan. Bahkan, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dan rumah isolasi sudah kosong.

"Kita mengapresiasi kasus COVID-19 di Lebak sudah jauh menurun, namun tetap siaga mengantisipasi munculnya gelombang ketiga," kata dia.

Dia menjelaskan kewaspadaan terhadap gelombang ketiga COVID-19 itu perlu dilakukan karena berpotensi terjadi pada akhir tahun. Biasanya pada akhir tahun di mana ada libur Natal dan Tahun Baru, mobilitas dan aktivitas masyarakat meningkat.

Pemerintah daerah juga dibantu TNI dan Polri untuk menyukseskan vaksinasi guna mencegah penularan penyakit yang mematikan itu. Semakin banyak warga divaksinasi maka semakin kecil risiko penularan pandemi.

"Kami minta masyarakat dapat divaksinasi untuk mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19 itu," katanya.

Kepala Bidang Penegakan Hukum (Gakum) Prokes Kabupaten Lebak Dartim mengatakan masyarakat harus waspada terhadap risiko gelombang ketiga COVID-19 dengan mengutamakan prokes dan vaksinasi.

"Sebab, prokes dan vaksinasi dapat mencegah penyebaran pandemi itu. Kami minta masyarakat sadar untuk patuhi prokes dan vaksinasi," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021